Search

Laporkan Penumpang yang Buka Jendela Darurat, Lion Air Banjir Kecaman

Suara.com - Maskapai Lion Air mendapat banyak kecaman, setelah turut melaporkan seorang penumpang yang memecahkan jendela darurat saat ada ancaman bom.

Insiden itu sendiri terjadi di pesawat Lion Air JT687 rute Pontianak-Jakarta, Senin (28/5/2018) malam.

Dalam peristiwa tersebut, seorang penumpang yang belakangan diketahui bernama Frantinus Nirigi (26), berteriak mengklaim membawa bom dalam tasnya.

Setelah mendengar ancaman itu, penumpang lain panik sehingga terjadi perusakan jendela darurat demi mendapat jalur keluar dari pesawat.

Namun, oleh manajemen Lion Air, aksi penumpang yang panik dan membuka jendela darurat pesawat itu dianggap tak benar sehingga turut dilaporkan ke aparat kepolisian setempat.

“Besok-besok kalau naik pesawat ini, terus kalau ada isu bom, jangan keluar dulu, tapi tanya ke admin @lionairgroup ‘Min ini ada isu bom, saya boleh buka pintu emergency gak?’ Ya biar gak dipidanakan karena buka pintu emergency,” sindir akun Miftakhul Ridho di tautan informasi akun Lion Air, Selasa (29/5/2018).

Human life is more precious than your emergency exit door dude (hidup manusia lebih penting daripada pintu darurat kalian),” tegas akun Nugroho.

Sementara warganet bernama Angkus mengatakan, “Maskapai apa nih, dalam keadaan darurat (meskipun isu yg tidak diketahui pelanggan) penumpang dilaporkan polisi. Lain kali tidak usah ada peragaan pintu darurat kalau tak boleh dibuka.”

Sementara akun Ardhy Ardiles meminta Lion Air tak jadi melaporkan penumpang yang membuka jendela darurat pesawat tersebut.

“Tapi pembuka pintu darurat tidak usah dipolisikan. Kalau saya di posisi situ, saya tetap buka pintu darurat itu pesawat. Namanya orang panik segala sesuatu tak terpikirkan. Semoga lebih bijak,” tuturnya.

Sedangkan akun Andrea Butar Butar menambahkan, “Psikologis masyakarat saat ini masih ketakutan karena teror bom akhir-akhir ini. Jadi jelas refleks seseorang menyelamatkan dirinya saat di dekatnya ada bom.”

Corporate Communication Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantono mengatakan, pihaknya telah melaporkan penumpang pembuka jendela darurat itu ke polisi.

Sebab, penumpang itu membuka jendela darurat pesawat tanpa instruksi awak kabin, tapi hanya dikarenakan panik adanya penumpang yang mengaku membawa bom.

“Penumpang yang membuka paksa kedua jendela darurat di bagian kanan, tanpa instruksi awak kabin. Dalam penerbangan tersebut, ada seorang penumpang yang bergurau membawa bom, namun ini tidak serta merta dijadikan alasan untuk membuka jendela darurat," tuturnya.

Danang mengatakan, penumpang yang diduga melakukan tindakan merusak pesawat telah dilaporkan ke pihak kepolisian, dan saat ini sedang dalam proses pemeriksaan lebih lanjut.

Lion Air mengharapkan perbuatan tersebut diproses sampai kepada tingkat pengadilan.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/news/2018/05/29/160910/laporkan-penumpang-yang-buka-jendela-darurat-lion-air-dikecam

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Laporkan Penumpang yang Buka Jendela Darurat, Lion Air Banjir Kecaman"

Post a Comment


Powered by Blogger.