Search

Terlibat Kronisme, Menteri Jepang Minta Maaf dan Kembalikan Gaji

Suara.com - Menteri Keuangan Jepang Taro Aso mengembalikan seluruh uang gaji serta tunjangannya selama setahun terakhir kepada pemerintah.

Dalam konferensi pers, Senin (4/6/2018), Aso secara resmi meminta maaf atas mencuatnya skandal kronisme antara dirinya, Pedana Menteri Shinzo Abe serta istri.

Skandal yang dimaksud ialah, pejabat kementerian keuangan yang notabene anak buah Aso menghapus dokumen publik mengenai data penjualan tanah negara.

Kuat diduga, seperti diberitakan Reuters, dalam dokumen tersebut terdapat data sejumlah tanah milik negara yang dijual di bawah harga pasar oleh Aso serta menyeret nama PM Abe sekaligus istri.

“Saya Taro Aso, secara sadar dan sukarela meminta maaf dan mengembalikan seluruh gaji selama 12 bulan sebagai menteri. Sebab, skandal kronisme itu telah membuat malu kementerian dan publik,” tutur Aso.

Namun, Aso menegaskan tak bakal mundur dari jabatannya seperti yang didesak oleh kubu oposan.

PM Abe dan kabinetnya berada di tepi skandal kronisme sejak tahun lalu, dan memperkecil kemungkinan dirinya kembali terpilih.

Skandal itu kali pertama terendus ketika pemerintah menyetujui pembangunan sekolah kedokteran hewan oleh Moritomo Gakuen—perusahaan swasta—yang para pembesarnya diduga rekan dekat PM Abe.

Dalam persetujuan pembangunan itu, pemerintah diduga menjual tanah milik negara di bawah harga pasar.

Namun, Shinzo Abe maupun sang istri, Akie Abe, telah menepis adanya nepotisme dalam persetujuan proyek tersebut.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/news/2018/06/04/172405/terlibat-kronisme-menteri-jepang-minta-maaf-dan-kembalikan-gaji

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terlibat Kronisme, Menteri Jepang Minta Maaf dan Kembalikan Gaji"

Post a Comment


Powered by Blogger.