Search

Yuk, Cicipi 80 Jenis Kuliner Nusantara di Festival Jajanan Bango 2018

Suara.com - Acara kuliner tahunan Festival Jajanan Bango (FJB) kembali hadir di Jakarta. Tahun ini penyelenggaran FJB dipusatkan di area Park and Ride Thamrin 10 Jakarta. Lebih dari 80 kuliner khas Nusantara bisa Anda jajal hanya dengan membeli tiket masuk sebesar Rp10 ribu.

Cuaca terik tidak menyurutkan niat para pecinta kuliner Indonesia untuk memasuki area ini. Tenant yang menjajakan menu makanan utama hingga pencuci mulut selalu dikerubungi pengunjung. Suara.com pun berkesempatan menjajal aneka kuliner nusantara dalam perhelatan ini, berikut ulasannya.

1. Ayam Bakar Madu Si Bangkong

Bagi Anda yang doyan memburu kuliner di Kota Bandung maka tentu tak asing dengan Ayam Bakar Madu Si Bangkong. Seperti namanya, menu ayam bakar ini menggunakan madu sebagai penambah citarasa manis. Usut punya usut penamaan si Bangkong sendiri tak lepas dari sebutan untuk Fajar Mandala si empunya usaha kuliner ini.

Fajar mengatakan bahwa sang ibu kerap memanggilnya si Bangkong karena kecenderungannya lompat seperti kodok ketika sedang bermain basket. Nama ini kemudian dijadikan sebagai merek usahanya agar lebih mudah diingat masyarakat.

"Kekhasan dari ayam bakar kami ini karena menggunakan madu saat proses penguengkepan. Jadi manisnya tidak hanya dari kecap saat dibakar tapi juga sampai meresap ke dalam karena tambahan madu," kata Fajar ketika ditemui di Festival Jajanan Bango, Sabtu (14/4/2018).

Untuk seporsi menu Ayam Bakar Madu Si Bangkong lengkap dengan nasi, sambal dan lalapan, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20 ribu. Sangat terjangkau, bukan?

2. Soto Pindang Iga

Bagi Anda yang bosan dengan pengolahan iga dalam bentuk sup, maka tak ada salahnya menjajal Soto Pindang Iga. Di Festival Jajanan Bango Anda bisa menemukannya di bagian Soto.

Sesuai namanya, iga diolah dalam bentuk soto dengan campuran rempah yang kuat. Soto Pindang Iga sangat cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan makanan berminyak. Kuah hasil rebusan tulang iga sangat segar dan semakin nikmat dengan irisan tomat, kemangi hingga daun bawang. Seporsi Soto Pindang Iga bisa Anda nikmati seharga Rp 35 ribu.

3. Sate Kikil Pasar Baru

Kuliner ini merupakan yang paling diburu jika Anda berjalan-jalan di kawasan Pasar Baru. Nah kini tak perlu jauh-jauh ke Pasar Baru, karena di Festival Jajanan Bango Anda bisa mendapatkannya. Sesuai namanya, menu ini terdiri dari kikil alias kulit sapi yang dibumbui dan ditusuk seperti sate.

Kemudian sate akan dikombinasikan dengan potongan gorengan bakwan dan lontong lalu dibalur dengan sambal kacang pedas. Selain itu Anda juga bisa memilih sate bakso atau sate usus sebagai tambahannya. Seporsi sate kikil dibanderol seharga Rp 35 ribu.

4. Bola Ubi

Masuk ke menu pencuci mulut, Anda bisa menjajal camilan bola ubi yang sedang hits. Sesuai namanya camilan ini berbahan dasar ubi yang tinggi karbohidrat dan serat. Ubi dihaluskan dan dibentuk menyerupai bola lalu digoreng hingga kering. Sebagai pelengkapnya, bola ubi dicocol dengan saus lemon. Di Festival Jajanan Bango, Bola Ubi banyak diburu pembeli. Selain rasanya yang enak, camilan ini juga dijual dengan harga terjangkau yakni Rp 15 ribu untuk lima buah bola ubi.

Bagaimana, tertarik mengunjungi Festival Jajanan Bango?

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/lifestyle/2018/04/14/160305/yuk-cicipi-80-jenis-kuliner-di-festival-jajanan-bango-2018

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Yuk, Cicipi 80 Jenis Kuliner Nusantara di Festival Jajanan Bango 2018"

Post a Comment


Powered by Blogger.