Search

Meluruskan Kaki Usai Olahraga Ternyata Bukan untuk Cegah Varises

Suara.com - Selama ini kita sering mendengar imbauan untuk meluruskan kaki setelah olahraga, karena dipercaya dapat mencegah varises atau pelebaran vena di bagian betis kaki.

Namun ternyata anggapan ini keliru. Mengapa? Karena menurut dr Iman Widya Aminata, Sp.OT dari RS Pondok Indah, posisi meluruskan kaki usai olahraga lebih ditujukan untuk merelaksasi otot yang tegang (stretching) saat olahraga.

"Meluruskan kaki atau menyelonjorkan kaki itu hanya untuk stretching agar tidak kram sebagai bentuk relaksasi. Ini tidak berhubungan dengan varises," ujar dia pada temu media 'Cedera Bahu dan Kaki Akibat Olahraga' di Jakarta, Senin (21/5/2018).

Varises sendiri, kata dr Iman, merupakan pelebaran pembuluh darah vena yang terjadi, karena aliran darah dari jantung ke kaki dan kembali ke jantung menjadi lebih lambat atau macet di kaki. Pelebaran pembuluh darah vena timbul di atas permukaan otot sehingga terlihat seperti warna biru di sepanjang kaki.

"Kondisi ini lebih sering dialami perempuan yang gemar memakai sepatu ber hak tinggi. Jadi, bukan karena habis olahraga tidak meluruskan kaki," terangnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2018/05/21/195500/meluruskan-kaki-usai-olahraga-ternyata-bukan-untuk-cegah-varises

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Meluruskan Kaki Usai Olahraga Ternyata Bukan untuk Cegah Varises"

Post a Comment


Powered by Blogger.