Search

Dewan Masjid Indonesia Kecam Perang Agresi AS ke Suriah

Suara.com - Dewan Masjid Indonesia mengecam perang agresi yang dilancarkan militer Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis, ke Suriah.

Presiden AS Donald Trump mengklaim perang tersebut atas nama kemanusiaan, karena Presiden Suriah Bashar Al Assad menggunakan senjata kimia untuk membunuh warga—tuduhan yang belum terbukti.

"Ya Dewan Mesjid Indonesia mengecam‎, itu umat Islam," kata Komjen Syafruddin, Wakapolri sekaligus Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia ditemui di Perpustakaan Nasional, Minggu (15/4/2018).

Kendati begitu, sikap Indonesia ‎berada di posisi netral. "Ya seperti dengan politik kita bebas aktif, berdiri di atas netralitas," ujar dia.

Sementara Dewan Keamanan PBB, resmi menolak resolusi Rusia untuk mengutuk perang agresi terhadap negara berdaulat Suriah tersebut.

Dewan Keamanan mengadakan pertemuan darurat atas permintaan Rusia, Sabtu (14/4/2018), yang mengutuk serangan udara yang dipimpin AS pada Suriah.

Resolusi mengutuk perang agresi yang dilancarkan AS dan sekutu-sekutunya sejak Jumat (13/4) itu, ditolak karena hanya dapat mengumpulkan 9 suara dari 15 anggota dewan.

Tiongkok dan Bolivia mendukung resolusi Rusia. Sementara AS, Inggris, Prancis, Swedia, Polandia, Pantai Gading, Kuwait dan Belanda menolaknya.

Sedangkan Peru, Kazakhstan, Etiopia dan Guinea Equatorial menyatakan abstain.

AS, Inggris dan Prancis melakukan serangan udara yang mereka klaim hanya menargetkan tempat penyimpanan senjata kimia rezim Presiden Bashar Al Assad di Suriah pada Sabtu.

Serangan tersebut dilancarkan, setelah mereka secara pihak menuding rezim Assad menggunakan senjata kimia di kota Douma, Suriah yang menewaskan 78 warga sipil dan melukai ratusan lainnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/news/2018/04/15/161902/dewan-masjid-indonesia-kecam-perang-agresi-as-ke-suriah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dewan Masjid Indonesia Kecam Perang Agresi AS ke Suriah"

Post a Comment


Powered by Blogger.