Search

Persija Tumbang, Rumput SUGBK Dicabut

Suara.com - Rumput lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dicabut usai laga semifinal AFC antara Persija Jakarta melawan Home United, Selasa (16/5/2018). Itu dilakukan sebagai persiapan menjelang upacara pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus mendatang.

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFC zona Asia Tenggara antara Persija vs Home United di SUGBK itu sendiri berakhir dengan kekalahan tuan rumah 1-3. Dengan demikian Home United, yang juga memenangkan leg pertama dengan skor 3-2, unggul agregat 6-3 dan berhak melaju ke final.

Konfrensi pers rencana pemindahan rumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno SUGBK (SUGBK) di Kantor INASGOC, Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018). [Suara.com/Arief Apriadi]

"Malam ini setelah pelaksanaan sepakbola, mulai pukul 24:00 WIB, kita akan mulai menggulung rumput, dan hal itu akan memakan waktu sekitar 6 jam," ungkap Direktur Departemen Ceremony INASGOC, Herty Paulina Purba di Kantor INASGOC, Selasa (15/5/2018).

Untuk memindahkan rumput GBK, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) akan bekersajama dengan ahli rumput dari Institut Pertanian Bogor.

Pencabutan rumput GBK menjadi keharusan, sebab, selama tiga bulan ke depan, dari 16 Mei hingga upacara pembukaan Asian Games, permukaan lapangan GBK akan ditutup Armor Deck --alat penutup rumput lapangan. Jika tak dicabut, dalam rentang waktu tersebut, rumput akan mati.

"Kalau dipasang armor deck satu minggu, rumput masih bisa tumbuh. Namun, kalau lebih dari itu, rumput akan mati," kata Qamal, ahli rumput Institut Pertanian Bogor.

Nantinya, seluruh permukaan lapangan dan lintasan lari akan ditutup Armor Deck. Hal itu untuk menghindari dampak kerusakan permukaan lapangan saat upacara pembukaan berlangsung.

"Alat yang kita gunakan (dalam upacara pembukaan Asian Games 2018) tak ringan, beratnya bisa berton-ton. Maka, kita bersama panitia membuat keputusan bahwa rumput di GBK harus di angkat," jelas Sekertaris Jendral INASGOC, Eris Herryanto, Selasa (15/5/2018).

Lebih lanjut, Eris menjelaskan bahwa rumput GBK seluas 7.500 meter persegi yang telah di lepas, akan diungsikan di sekitaran lapangan tembak Senayan.

Rumput akan diurus dan dipantau oleh ahli rumput Institut Pertanian Bogor selama tiga bulan, atau hingga upacara pembukaan Asian Games 2018 usai.

Setelah pembukaan selesai, rumput akan langsung dikembalikan ke SUGBK, untuk menunjang keperluan pertandingan cabang olahraga atletik.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/sport/2018/05/15/222450/persija-tumbang-rumput-sugbk-dicabut

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Persija Tumbang, Rumput SUGBK Dicabut"

Post a Comment


Powered by Blogger.