Search

Ramadan, Orang Miskin Jakarta Bisa Buka Puasa Gratis di Sini

Suara.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam menyediakan buka puasa bagi warga selama bulan Ramadan nanti. Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan program penyediaan makanan buka puasa tersebut ditujukan bagi warga yang kurang mampu. Rencananya kegiatan tersebut akan digelar di 223 RW yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.

"Kita menyaksikan penandatangan kerjasama antara Pemprov dengan dompet dhuafa dan aksi cepat tanggap kita merencanakan mengadakan buka puasa bagi warga kurang mampu di 223 RW yang masuk kategori kampung kumuh, padat, miskin," jelas Anies.

Anies memaparkan tujuan diadakannya program tersebut ialah untuk mengatasi masalah ketimpangan yang terjadi di DKI Jakarta terutama dalam hal ekonomi.

"Ada restoran yang fully booked 30 hari dan ada masyarakat yang kekurangan untuk bisa berbuka puasa. Itu juga ketimpangan. Di satu sisi restoran-restoran penuh. Udah booked satu bulan. Sisi lain kampung-kampung ada yang lengang karena buka puasa yang terbatas," paparnya.

Oleh karena itu, Anies sangat mengapresiasi atas respon dari Dompet Duafa dan ACTA yang mau berkolaborasi dengan Pemprov DKI untuk mengatasi permasalahan tersebut.

"Terimakasih kepada teman-teman dari Dompet Dhuafa dan teman-teman dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang sudah merespon dengan amat baik. Keinginan kita untuk menyediakan buka puasa bagi warga Jakarta," ucapnya.

Lebih lanjut Anies mengatakan semua wali kota di Provinsi DKI Jakarta akan menjadi koordinator untuk program tersebut.

"Pengaturannya para wali kota menjadi koordinator dan kemudian ke jajaran RW, RT dan bekerja sama dengan masyarakat luas. Intinya adalah program ini dilaksanakan dengan kolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi warga untuk terlibat," katanya.

Anies pun mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam program ini karena sebagian dana yang digunakan selain dari Pemerintah juga berasal dari sumbangsih masyarakat.

"Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi menyiapkan buka puasa, disinilah Aksi Cepat Tanggap dan Dompet Dhuafa menjadi salurannya. Warga bisa menitipkan lewat rekening khsusus yang dibuat oleh Aksi Cepat Tanggap dan Dompet Dhuafa yang kemudian nanti akan disalurkan dalam bentuk paket-paket menu buka puasa untuk warga," pungkasnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/news/2018/05/15/125829/ramadan-orang-miskin-jakarta-bisa-buka-puasa-gratis-di-sini

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ramadan, Orang Miskin Jakarta Bisa Buka Puasa Gratis di Sini"

Post a Comment


Powered by Blogger.