Search

5 Kuliner Nusantara Ini Jadi Prioritas Promosi Kemenpar

Suara.com - Salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia adalah keragaman kulinernya. Namun, kepopuleran kuliner Nusantara masih tertinggal dibanding kuliner Thailand di Asia Tenggara.

Karena itu, Kementerian Pariwisata menggenjot promosi kuliner Indonesia melalui kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk swasta.

Vita Datau selaku Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja mengatakan Kementerian Pariwisata akan memprioritaskan lima kuliner untuk dipromikan.

"Program prioritas kami adalah mendorong National Food agar lebih dikenal oleh turis mancanegara. Jadi ada lima kuliner yang akan kita genjot promosinya yakni Soto, Rendang, Sate, Nasi Goreng dan Gado-Gado," ujar Vita di sela-sela pembukaan Festival Jajanan Bango di Jakarta, Sabtu (14/4/2018).

Dia menambahkan, survei yang dilakukan Kementerian Pariwisata menemukan bahwa kuliner merupakan satu dari tiga motivasi utama turis mancanegara datang ke Indonesia. Bahkan, mereka kata Vita, menganggarkan biaya 30-40 persen untuk mencicipi kuliner Indonesia.

"Ini merupakan kesempatan bagi kita untuk mempromosikan kuliner Indonesia. Apalagi Kemenpar menargetkan wisatawan kuliner mancanegara sampai 2,3 juta setahun," ujarnya.

Meski demikian, Vita memaparkan tantangan dalam mempromosikan kuliner Indonesia masih berkutat dalam segi hiegenisasi penyajian makanan dan faktor kesehatan. Itu sebabnya, promosi ini perlu dukungan dari sektor kesehatan agar para turis memiliki kenyamanan saat mencicipi ragam kuliner Indonesia.

"Kadang kita lihat kuliner yang rame, terkenal tapi faktor higenitas kurang diperhatikan. Kita takut kalau turis nanti melihatnya sebagai sesuatu yang jorok sehingga tujuan brandingnya tidak tercapai. Jadi kita nggak bisa sendiri, butuh dukungan semua pihak dalam mempromosikan kuliner Indonesia," katanya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/lifestyle/2018/04/14/194634/5-kuliner-nusantara-ini-jadi-prioritas-promosi-kemenpar

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Kuliner Nusantara Ini Jadi Prioritas Promosi Kemenpar"

Post a Comment


Powered by Blogger.