Search

Bappenas : Asian Games Sangat Berdampak Positif Terhadap Perekonomian Indonesia

Suara.com - Kementerian PPN atau Bappenas memperkirakan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang akan dihelat di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus - 2 September akan berdampak positif pada perekonomian Indonesia.

Menurut Menteri PPN / Kepala Bappenas, Bambang P.S. Brodjonegoro, hal tersebut dihitung dari sisi pengeluaran pengunjung (yang menonton langsung di venue), biaya konstruksi, dan biaya operasional yang diperkirakan mencapai Rp 45 triliun.

“Dari sisi pengeluaran pengunjung, biaya konstruksi, dan biaya operasional, terhitung sejak 2015 hingga 2018 mencapai Rp 45,1 triliun," ungkap Bambang dalam diskusi di kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Minggu (13/5/2018).

Kendati demikian, kata Bambang, akumulasi dari perhelatan Asian Games tetap memberikan dampak ekonomi yang positif terhadap Indonesia.

“Di antaranya, meningkatkan sektor pariwisata, rnenciptakan lapangan kerja, dan mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur fasilitas olahraga,” katanya.

Bappenas pun memperkirakan dampak langsung pengeluaran peserta dan pengunjung Asian Games 2018 mencapai Rp 3,6 triliun.

Dengan rincian, pengeluaran sebesar Rp 2,5 triliun di Jakarta dengan konsentrasi persebaran peserta dan pengunjung sebanyak 70%, serta Rp 1,1 triliun di Palembang dengan konsentrasi persebaran peserta dan pengunjung sebanyak 30 %.

Sementara pengeluaran terbanyak ada pada biaya akomodasi yang mencapai Rp 1,3 triliun, dan biaya terbesar kedua adalah transportasi yang mencapai Rp 640 miliar. Sementara itu, biaya makanan dan minuman sebesar Rp 628 miliar, biaya belanja mencapai Rp 560 miliar, dan biaya hiburan sebanyak Rp 280 miliar.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/bisnis/2018/05/13/164254/asian-games-sangat-berdampak-positif-pada-perekonomian-indonesia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bappenas : Asian Games Sangat Berdampak Positif Terhadap Perekonomian Indonesia"

Post a Comment


Powered by Blogger.