Search

Jangan Melamun, Sekolah Ini Punya Kamera Pintar Pengintai

Suara.com - Melamun sebenarnya hal yang wajar, tapi menjadi kurang tepat jika dilakukan di tengah waktu belajar. Sebuah sekolah di timur provinsi Zhejiang, Cina, memasang kamera canggih di kelas yang dapat memantau raut wajah dan tingkat perhatian para siswa.

Pihak sekolah mengatakan, sistem yang bernama “Smart Classroom Behaviour Management System” ini dapat menganalisis ekspresi wajah para siswa saat berada di kelas.

"Menggunakan teknologi ini, kita bisa tahu siswa yang sedang konsentrasi atau melamun," kata Ni Ziyuan yang menjabat sebagai kepala sekolah.

Dengan “Smart Classroom Behaviour Management System”, para guru dapat menilai secara langsung keaktifan para siswa yang sedang berada di kelas.

"Sistem seperti ini akan mengawasi cara belajar siswa sekaligus cara mengajar guru," sebut Zhang Guanchao.

Sistem tersebut juga berfungsi mengecek daftar hadir dengan menggunakan database siswa di setiap kelas.

Dalam serangkaian foto yang dibagikan oleh Sina, beberapa kamera ditempatkan di atas papan tulis. Total, ada tiga kamera yang dipasang di setiap kelas.

Seorang siswa yang tidak diungkap identitasnya mengatakan, keberadaan sistem tersebut meningkatkan konsentrasinya. Sebab, ia merasa seperti ada seseorang yang mengawasinya.

"Sejak memakai sistem ini, saya merasa sedang diawasai sepasang mata. Saya tidak berani lagi melamun," katanya.

Cina sudah lama memasang banyak kamera di tepat publik sejak 2015, untuk memantau warga mereka. Hal itu merupakan bagian dari pembangunan sistem pengenalan wajah tercanggih. [SCMP]

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/tekno/2018/05/22/194500/jangan-melamun-sekolah-ini-punya-kamera-pintar-pengintai

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jangan Melamun, Sekolah Ini Punya Kamera Pintar Pengintai"

Post a Comment


Powered by Blogger.