Search

Rayakan HUT Jakarta, 7 Camilan Betawi Ini Wajib Dicoba Milenial!

Suara.com - Hari ini, Jumat, 22 Juni 2018, merupakan hari ulang tahun (HUT) Jakarta yang ke-491 tahun, semakin tua usianya, semakin banyak pula warisan budaya dan tradisi yang ditinggalkan dan hampir punah, termasuk camilan khas Betawi yang wajib dicoba oleh generasi milenial.

Salah satu warisan nenek moyang orang Betawi yang semakin langka adalah makan kecil atau camilan. Kue kering dan kue basah khas Betawi yang dahulu mudah ditemuikan dan jadi camilan sehari-hari kini hampir tak pernah dicicipi generasi milenial.

BACA JUGAKunjungi Anak Migran Ilegal, Jaket Melania Trump Jadi Sorotan

Pada HUT Jakarta kali ini, ini dia tujuh camilan khas Betawi yang wajib dicoba yang dirangkum Suara.com dari berbagai sumber.

1. Kue Cincin
Kue cincin adalah salah satu camilan kesukaan orang Betawi. Dinamakan seperti kue cincin karena bentuknya bulat seperti cincin.

Biasanya sebelum dimakan dimasukan ke dalam jari seperti cincin. Kue Cincin terbuat dari tepung beras, gula merah, garam, dan gula. Rasa kue cincin memiliki rasa yang manis.

Kue cincin. (@lafayyadh/Instagram)
Kue cincin. (@lafayyadh/Instagram)

2. Kembang Goyang
Nama kembang goyang berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang yang baru mekar dan proses membuatnya yaitu digoyang–goyang hingga adonan terlepas dari cetakan.

BACA JUGA: Ingin Beli Rumah di Bandung, Tiga Area Ini Harganya Termurah Lho!

Kue tradisional khas masyarakat Betawi ini biasa disajikan saat lebaran dan kumpul keluarga untuk cemilan bersama dan nemenin apapun kegiatan kamu.

Kembang goyang. (@yin2chu/Instagram)
Kembang goyang. (@yin2chu/Instagram)

3. Roti Buaya
Dalam upacara pernikahan adat Betawi, roti buaya selalu hadir sebagai bagian hantaran untuk acara pernikahan. Roti tawar berbentuk sepasang buaya ini dipakai sebagai seserahan pernikahan warga asli Jakarta yang mengandung makna kesetiaan.

Roti Buaya. (@jimboybakery/Instagram)
Roti Buaya. (@jimboybakery/Instagram)

4. Kerak Telor
Makanan asli Betawi, dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

Kerak telor. (@kuliner_asiksolo/Instagram)
Kerak telor. (@kuliner_asiksolo/Instagram)

5. Kue Leker
Kue leker konon katanya makanan warisan Belanda, yaitu crepes yang artinya enak. Kue leker bertekstur kering dan renyah. Di beberapa wilayah Jakarta masih ada penjual leker gerobak yang harganya Cuma Rp 5 ribu.

Kue Leker. (@kulinergresik/Instagram)
Kue Leker. (@kulinergresik/Instagram)

6. Roti Gambang
Ini rotinya orang Betawi. Berwarna cokelat dengan taburan wijen yang rasanya manis. Teksturnya tidak terlalu keras dan lunak, lebih tepatnya garing di luar tapi empuk di dalam. Roti gambang dibuat dari pemanis alami, yaitu gula merah dan mayu manis.

Roti Gambang. (@deena_hp/Instagram)
Roti Gambang. (@deena_hp/Instagram)

7. Kue Dongkal
Mirip kue putu. Kue dongkal terbuat dari sagu, tepung beras, dan gula merah. Di atasnya ditaburi parutan kelapa. Pembuatan kue ini sangat tradisional, yaitu dikukus pakai dandang kerucut bersama daun pandan. Teksturnya seperti kue putu, rasanya manis dan gurih.

Kue Dongkal. (@aliuban/Instagram)
Kue Dongkal. (@aliuban/Instagram)

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/lifestyle/2018/06/22/191500/rayakan-hut-jakarta-7-camilan-betawi-ini-wajib-dicoba-milenial

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rayakan HUT Jakarta, 7 Camilan Betawi Ini Wajib Dicoba Milenial!"

Post a Comment


Powered by Blogger.