Search

Batuk Berdahak hingga Nyeri Dada, Apa Penyebabnya?

Suara.com - Tanya:

Selamat sore Dokter,
Dok, sudah dua bulan lebih saya menderita batuk berdahak. Pada malam dan pagi, tenggorokan gatal sekali, terutama setelah makan. Hidung juga pilek dan dada sedikit nyeri. Kira-kira ini gejala penyakit apa ya, Dok? Mohon penjelasan dan sarannya. Terima kasih.

KK

Jawab:
Selamat sore Saudara KK,
Batuk terjadi akibat infeksi atau peradangan dalam saluran pernapasan dan tenggorokan. Penyebab dasar dari batuk adalah terdapat faktor patogen yang menyerang pernapasan.

Faktor tersebut dapat berupa infeksi bakteri, virus, atau akibat alergi. Untuk membedakannya dapat dilihat dari warna dahak.

Batuk yang disebabkan infeksi bakteri biasanya menimbulkan dahak yang berwarna kekuningan. Pada batuk akibat infeksi virus tidak menimbulkan gejala khas, namun biasanya juga disertai dengan gejala flu.

Pada batuk alergi, dahak yang dikeluarkan kental dan berwarna putih jernih, dan ini terjadi setelah terpapar faktor penyebab alergi (bulu, debu, udara panas, udara dingin). Konsultasikan lebih lanjut kepada dokter Anda mengenai masalah ini.

Infeksi pernapasan akan mengakibatan peradangan daerah tenggorokan, bila dibiarkan infeksi dapat menyebar ke saluran pernafasan bagian bawah dan menimbulkan radang paru-paru, serta menimbulkan gejala umum berupa:
1. Sesak napas
2. Nyeri dada
3. Berat badan turun
4. Mual dan atau muntah
5. Sering berkeringat
6. Nyeri seluruh tubuh
7. Demam

Apabila beberapa gejala ini terjadi pada Anda, disarankan untuk konsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Dalam beberapa kasus perlu dilakukan pemeriksaan darah dan Rontgen dada untuk membantu mencari diagnosa penyakit.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan tentang batuk berdahak hingga terasa nyeri dada, semoga membantu.

Dijawab oleh: dr. Yohana Margarita
Sumber: https://meetdoctor.com

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2018/03/21/180349/batuk-berdahak-hingga-nyeri-dada-apa-penyebabnya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Batuk Berdahak hingga Nyeri Dada, Apa Penyebabnya?"

Post a Comment


Powered by Blogger.