Search

BRI Dukung Kampanye Traveling Aman ke Luar Negeri

Suara.com - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mendukung program Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia untuk meningkatkan perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri. Bertempat di Central Park Mall, Jakarta, Bank BRI dengan Kemenlu menggelar festival dengan tema “The Safe Travel Fest2018”, yang akan berlangsung 11 - 15 April 2018.

Pembukaan acara ini dihadiri oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, Direktur Utama Bank BRI, Suprajarto dan Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI, Sis Apik Wijayanto. The Safe Travel Fest 2018 merupakan gelaran acara, dengan salah satu puncaknya peluncuran aplikasi mobile  "Safe Travel Kemlu".

Aplikasi ini sebelumnya sudah diluncurkan pada 2017 dan kini menjadi multi-platform (android,iOS, web, dan media sosial). Dukungan Bank BRI terhadap peluncuran mobile "SafeTravel Kemlu" merupakan bentuk komitmen untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan WNI di luar negeri.

BRI mendukung kampanye traveling aman ke luar negeri. (Sumber: Istimewa)

“Mengutip data dari Kemenlu, sekitar 3 juta WNI berada di luar negeri sebagai pekerja migran, pelajar dan anak buah kapal (ABK), sementara tercatat 18 juta WNI traveling ke luar negeri untuk keperluan wisata (termasuk wisata religi). Jumlah tersebut merupakan angka yang cukup besar. Oleh karenanya, Bank BRI ingin berpartisipasi aktif untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan WNI di luar negeri,” ujar Suprajarto.

Aplikasi Safe Travel Kemlu diharapkan membantu WNI dalam mengenal negara tujuannya dengan lebih baik. Fitur-fitur Safe Travel Kemlu yang dapat WNI manfaatkan antara lain, informasi lengkap negara-negara di dunia, yang meliputi Status negara (tingkat keamanan dan kerawanan yang ditandai dengan indikator warna.); Akses Pelayanan Perwakilan RI; Daftar 130 Perwakilan RI (menyediakan informasi alamat, nomor telepon, faksimili, e-mail, dan hotline perwakilan RI, baik Kedutaan Besar RI, Konsulat Jenderal RI, ataupun bila terdapat Konsulat RI); Informasi Hukum dan Kebiasaan Setempat; Mata Uang Setempat; Informasi Tempat Ibadah; Informasi Wisata;Informasi Kuliner Halal; Infografis Unik yang menghibur dan bisa menjadi bacaan saat perjalanan menuju negara tujuan; hingga informasi lain yang dibutuhkan para traveler,seperti jenis steker listrik maupun voltase yang dipergunakan di negara tujuan.

BRI mendukung kampanye traveling aman ke luar negeri. (Sumber: Istimewa)

Satu fitur yang sangat krusial adalah Tombol Darurat, dimana dalam keadaan darurat, WNI yang berada di luar negeri dapat menggunakan fitur tombol darurat untuk mengirim foto, merekam video, menghubungi perwakilan RI terdekat dan mengirimlokasi kejadian.

Aplikasi Safe Travel Kemlu juga memberikan kemudahan bagi para traveler untuk menemukan titik-titik koordinat Unit Kerja Luar Negeri Bank BRI yang ada di negara yang dikunjungi melalui Aplikasi Safe Travel. Pada kesempatan yang sama juga diselenggarakan penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank BRI dan Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri, tentang Dukungan Bank BRI terhadap Perlindungandan Pemberdayaan WNI di luar negeri.

BRI juga meluncurkan BRIZZI khusus edisi Safe Travel yang dapat dibeli dan dimiliki oleh para pengunjung selama acara berlangsung.

“Kartu BRIZZI edisi khusus Safe Travel kami buat sebagai collectible items bagi masyarakat, disamping untuk mendorong cashless society, “ imbuh Suprajarto.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/bisnis/2018/04/16/001500/bri-dukung-kampanye-traveling-aman-ke-luar-negeri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BRI Dukung Kampanye Traveling Aman ke Luar Negeri"

Post a Comment


Powered by Blogger.