Search

Dikecam, Presiden Duterte Cium Bibir Perempuan saat Acara Publik

Suara.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali mendapat kecaman dan kritik setelah melakukan aksi tak terduga, yakni mencium bibir seorang perempuan dalam acara publik.

Duterte, seperti diberitakan Reuters, Senin (4/6/2018), mencium bibir seorang perempuan Filipina yang bekerja di Korea Selatan. Insiden itu sendiri terjadi ketika Duterte bertemu warga Filipina di Seoul, Korsel, Minggu (3/5).

Aksi Duterte tersebut disambut kemarahan warga dan menjadi bahan lelucon mereka. Sementara kaum feminis menilai, ciuman bibir Duterte itu adalah cara yang salah untuk meredam kritik. Duterte selama ini dikritik karena kerap melontarkan pernyataan melecehkan perempuan.

"Apakah kau ingin buku? Kalau kau ingin buku ini, kau harus mau kucium di bibir," tutur Duterte kepada perempuan tersebut.

Ketika kritik menghujam Duterte, kantor berita pemerintah Filipina belakangan memublikasikan bahwa perempuan yang dicium Duterte itu bernama Bea Kim.

Kantor berita pemerintah juga mewawancarai Bea Kim, untuk menunjukkan perempuan itu tak berkeberatan dicium Duterte di bagian bibir.

"Aku tak masalah. Untukku, maupun dia (Duterte) ciuman itu tak berarti apa-apa," tuturnya dalam sesi wawancara dengan kantor berita pemerintah.

Namun, kaum oposan menilai Duterte telah keterlaluan dan melecehkan perempuan hanya untuk membuat pemberitaan kontroversial.

"Kau tak harus mencium bibir perempuan untuk menghibur orang-orang. Hal itu adalah sakit!"  tegas Joms Salvador, Sekretaris Jenderal Partai Perempuan Gabriela.

Sejak berkuasa, Duterte dikenal kerap melontarkan pernyataan yang melecehkan perempuan. Bahkan, ia pernah melemparkan lelucon mengenai pemerkosaan.

Sebelumya, Duterte juga disoal karena memerintahkan tentaranya untuk menembak alat vital perempuan-perempuan anggota Tentara Rakyat Baru (NPA), sayap militer Partai Komunis Filipina.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/news/2018/06/04/175333/dikecam-presiden-duterte-cium-bibir-perempuan-saat-acara-publik

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dikecam, Presiden Duterte Cium Bibir Perempuan saat Acara Publik"

Post a Comment


Powered by Blogger.