Search

Ini Alasan Pil KB Kurang Efektif Mencegah Kehamilan

Suara.com - Pil KB menjadi salah satu cara yang dipilih banyak perempuan untuk mencegah kehamilan. Tapi, tahukah Anda menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat (AS), pil KB tidak 100 persen efektif terhadap pencegahan kehamilan. 

Faktanya, sekitar lima hingga sembilan dari 100 perempuan akan tetap hamil meski telah mengonsumsi pil KB secara rutin. Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana mungkin hal ini terjadi?

Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis kebidanan, ginekologi dan ilmu reproduksi di Yale School of Medicine mengungkap, hamil meski telah mengonsumsi pil KB memang bisa saja terjadi. Apalagi, jika Anda menggunakannya secara tidak sempurna.

Lantas, bagaimana penggunaan pil KB yang sempurna?

Kehamilan mungkin tidak terjadi jika Anda menggunakan pil KB setiap hari pada waktu yang hampir bersamaan, tanpa gagal. Ketika digunakan dengan sempurna, pil KB, 99 persen efektif, menurut Planned Parenthood.

"Jika Anda melakukannya (minum pil KB) sesuai aturan dengan rutin, Anda mungkin baik-baik saja. Tapi masalahnya adalah banyak dari kita dan orang lainnya sering melewatkan pil KB, atau meminumnya tidak secara sempurna," ujar Mary.

Katakanlah Anda melewatkan satu atau dua dosis satu kali dalam sebulan, atau Anda terlambat meminumnya dari biasanya, yang dapat menurunkan efektivitas pil kontrasepsi, menjadi hanya 91 persen.

Jenis pil KB yang Anda ambil juga penting. Misalnya pil kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin. Pilihan ini sedikit lebih efektif daripada pil progestin saja yang cukup sensitif terhadap waktu.

Itu karena pil progestin hanya bekerja dengan mengentalkan lendir serviks dan menipiskan lapisan rahim, menurut HHS. Ini menghalangi sperma untuk mencapai sel telur Anda. Tetapi lendir serviks dapat mulai keluar kembali bahkan setelah Anda melewatkan satu dosis pil KB.

Itulah sebabnya HHS menyarankan untuk menggunakan metode cadangan seperti kondom jika Anda melewatkan satu dosis pil KB, bahkan lewat tiga jam dari hari sebelumnya dan minumlah secepat yang Anda ingat; tetapi jangan meminumnya sekali dua pada saat bersamaan. 

Pil kombinasi, di sisi lain yang sekali lagi mengandung estrogen dan progestin, akan bekerja menghentikan indung telur Anda melepaskan telur, selain lendir serviks menjadi tebal, dan lapisan rahim tipis. Jika Anda lupa untuk meminum pil kombinasi ini, segera minum dua pil setelah Anda ingat. 

Obat-obatan tertentu juga dapat membuat pil KB Anda menjadi kurang efektif, seperti antibiotik, antijamur, dan obat anti-kejang. Jika Anda mengonsumsi salah satu dari obat-obatan tersebut, periksakan dengan dokter Anda untuk memastikan pencegahan kehamilan Anda tidak berisiko.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2018/09/14/190000/ini-alasan-pil-kb-kurang-efektif-mencegah-kehamilan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Alasan Pil KB Kurang Efektif Mencegah Kehamilan"

Post a Comment


Powered by Blogger.