Search

Apakah Yoga Bisa Dilakukan Orang Gemuk? Simak Ulasannya

Suara.com - Mungkin Anda lebih sering melihat orang melakukan yoga dengan tubuhnya yang kurus dan hampir ideal, padahal yoga juga bisa dilakukan oleh orang gemuk loh.

Yoga bisa dilakukan oleh semua orang dan tidak melihat bentuk tubuh. Yoga memiliki manfaat dapat mengurangi stres dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Manfaat yoga tersebut tentu bisa untuk semua orang. Lantas bagaimana memulai melakukan yoga untuk tubuh gemuk? Simak ulasannya di sini seperti dilansir di Hello Sehat.

Yoga pilihan olahraga yang tepat untuk Anda yang memiliki tubuh gemuk. Yoga memiliki gerakan yang mudah, sehingga orang bertubuh gemuk sekalipun dapat beradaptasi sendiri.

Bagi orang yang memiliki tubuh gemuk, latihan-latihan intensitas rendah seperti yoga mungkin lebih membuat nyaman dibanding harus lari atau jogging di taman atau trotoar. Sebagian besar gerakan yoga juga bisa dimodifikasi sesuai dengan tubuh Anda.

Orang yang memiliki kelebihan berat badan sering mengalami masalah dengan nyeri sendi, yoga dapat membantu dengan meningkatkan keselarasan tubuh untuk mengurangi ketegangan pada sendi.

Yoga juga bisa meningkatkan kemampuan keseimbangan hingga dapat memperpanjang usia. Orang yang kelebihan berat badan mungkin juga lebih sering mengalami stres. Nah, gerakan yoga dapat membantu menenangkan pikiran dan melemaskan otot-otot yang tegang.

Bagaimana mulai melakukan yoga jika saya memiliki tubuh gemuk?

Cara terbaik untuk mulai belajar yoga adalah dari seorang guru profesional dan berpengalaman. Anda bisa mengambil kelas yoga atau dengan instruktur yoga pribadi.

Instruktur yoga akan mengenalkan gerakan yoga sesuai dengan tipe tubuh Anda. Instruktur yoga juga mungkin akan memberikan alat peraga untuk membantu Anda melakukan gerakan tertentu.

Biasanya untuk pemula, Anda akan dikenalkan dengan latihan Hatha yoga. Ini adalah jenis latihan yoga yang lebih fokus gerakan fisik dan pernapasan daripada mental.

Biasanya, Hatha yoga dilakukan dengan mengombinasikan posisi duduk dan berdiri dengan tempo yang pelan. Jadi, Anda bisa lebih menikmati gerakan-gerakan Hatha yoga dengan lebih rileks.

Abby Lentz, pendiri Heavyweight Yoga di Austin, Texas, menyarankan untuk berbicara kepada instruktur sebelum kelas yoga pertama Anda untuk memastikan bahwa supaya Anda lebih nyaman dan bisa beradaptasi dengan olahraga ini.

Jika Anda tidak merasa siap untuk kelas grup, sesi yoga pribadi mungkin adalah pilihan yang tepat. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mempelajari gerakan dasar dan mendapatkan kepercayaan diri untuk menggunakan alat peraga dengan cara yang efektif sebelum bergabung dengan latihan kelas kelompok.

Selain itu, Anda juga dapat bergabung dengan komunitas online penggemar yoga agar Anda lebih bersemangat saat latihan, mendapatkan banyak masukan mengenai kegiatan yoga hingga berpikir positif bahwa latihan Anda tidak akan sia-sia.

Mengetahui latihan yoga lebih dalam adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda akan merasa nyaman.

Tips melakukan yoga untuk tubuh gemuk

Berikut tips melakukan yoga untuk tubuh gemuk agar lebih nyaman melakukannya.

Perluas posisi Anda

Dalam banyak postur berdiri, kaki sering harus selebar pinggul. Namun, jika Anda punya tubuh yang besar, mungkin Anda bisa mencoba melebarkan kaki sejauh jarak yang membuat Anda nyaman.

Kenali tubuh Anda

Jika kulit perut Anda, paha, lengan atau payudara menghalangi, pegang dan gerakkan. Jenis instruksi ini mungkin tidak ditulis dalam skrip kelas yoga tradisional, jadi ambillah inisiatif untuk membuat diri Anda lebih nyaman.

Gunakan alat peraga

Jika instruktur Anda ingin Anda menyentuh tangan Anda ke jari-jari kaki untuk peregangan hamstring, jangan takut dulu. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan tali yoga. Ini dapat membantu Anda mencapai peregangan dan membantu Anda dalam gerakan lain.

Berpikir positif

Yoga bukan tentang persaingan dan kesempurnaan. Gunakan latihan ini sebagai kesempatan untuk terhubung dengan pikiran dan tubuh Anda.

Ternyata sangat banyak manfaat dan cara melakukan yoga bagi orang yang memiliki tubuh gemuk.

Berita ini sudah tayang di Hello Sehat dengan judul Tips Memulai Yoga Bagi Anda yang Bertubuh Gemuk

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2018/09/12/150000/apakah-yoga-bisa-dilakukan-orang-gemuk-simak-ulasannya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apakah Yoga Bisa Dilakukan Orang Gemuk? Simak Ulasannya"

Post a Comment


Powered by Blogger.