Search

Begini Cara Memilih Kepiting yang Segar dan Berkualitas

Suara.com - Kepiting menjadi salah satu makanan laut favorit. Selain nikmat untuk dimasak menjadi berbagai macam hidangan, kepiting juga punya nutrisi yang menyehatkan. Tapi sayangnya, tak semua orang pandai dalam memilih kepiting yang segar dan berdaging tebal. 

Apalagi, saat ingin membeli dan memasaknya sendiri di rumah. Perlu diketahui, Corporate Chef The Holy Crab, Iwan Bedjo Sulaiman, mengungkap, untuk memilih kepiting, tentu sebaiknya yang masih hidup, karena kualitasnya tentu masih baik. 

Ia pun menjelaskan, tentang ciri dan cara memilih kepiting segar dan berdaging tebal.

Pertama, cek matanya, apakah masih utuh dan bergerak. 

"Kalau masih bergerak, makin bagus. Karena untuk beberapa kepiting, mata tuh seperti nadi. Kalau ada yang rusak, jangan mau, berarti sudah tak segar lagi," ungkap saat peluncuran 40 menu baru The Holy Crab, di Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Selain itu, tarik kaki bagian ujung. Jika dia merespon atau melawan, berarti kepiting masih dalam kondisi yabg segar. Sebaliknya, kalau dia diam saat kakinya ditarik, sebaiknya pilih kepiting lain. 

Untuk melihat hal lainnya, cobalah tekan bagian sikunya. Bagian siku kepiting, kata Iwan memang sangat lembut dan jika ditekan biasanya akan kempes lalu mengembung kembali. 

"Biasanya terlihat padat atau tidaknya juga dari siku. Selain itu, tekan badannya juga, kalau keras, berarti daging bagian ini padat. Kalau kopong, sekali tekan udah robek, berarti kualitasnya tidak bagus," tutup dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/lifestyle/2018/09/12/200000/begini-cara-memilih-kepiting-yang-segar-dan-berkualitas

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Begini Cara Memilih Kepiting yang Segar dan Berkualitas"

Post a Comment


Powered by Blogger.