Search

Bagi yang Hobi Belanja, Inilah Cara Cerdas Kelola Uang

Suara.com - Bagi beberapa orang, berbelanja mungkin sudah menjadi hobi tersendiri yang menyenangkan. Berkeliling mal dan melihat banyak barang menarik bisa melepas lelah dan stres yang terkadang sering terjadi.

Hal ini merupakan hal yang wajar-wajar saja terjadi jika Anda masih dalam batas yang wajar. Namun, bagaimana jika Anda tidak dapat mengontrol diri? Tentu saja membuat Anda menjadi boros hingga menganggu kondisi finansial. Bisa-bisa uang Anda habis terkuras hanya untuk berbelanja.

Namun, bukan berarti jika hobi berbelanja Anda tidak bisa dilanjutkan. Anda masih tetap dapat berbelanja, tapi tidak akan menganggu kestabilan dari keuangan. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini cara cerdas kelola uang bagi Anda yang memang hobi berbelanja.

Pastikan Pemasukan Anda Setiap Bulannya
Hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah jumlah pemasukan yang diterima setiap bulannya. Hal ini cukup penting karena jumlah pemasukan setiap bulanlah yang menjadi pondasi dari hobi berbelanja Anda. Jika memang penghasilan pas-pasan untuk berbelanja, jangan paksakan diri untuk membelanjakan uang demi sesuatu yang tidak diperlukan.

Anda harus mengontrol keinginan yang hobi berbelanja tersebut. Jangan memaksakan membeli sesuatu yang tidak penting yang hanya akan membuat Anda pusing karena kondisi keuangan yang menjadi tidak stabil.

Buat Anggaran Belanja yang Realistis
Yang paling penting bagi Anda yang memang hobi berbelanja adalah membuat anggaran yang pasti dan realistis. Pastikan jika Anda membeli semua kebutuhan-kebutuhan utama dan penting terlebih dahulu.

Sementara untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya yang kurang terlalu dibutuhkan, Anda bisa memenuhinya ketika segala kebutuhan utama sudah terpenuhi.

Bawa Uang Secukupnya
Biasanya pemborosan uang belanja terjadi dikarenakan Anda membawa uang dalam jumlah yang cukup banyak sehingga tanpa disadari membuat Anda terus-menerus ingin mengeluarkan uang. Namun, jangan memaksakan diri untuk membawa uang berlebihan jika tidak memungkinkan.

Pastikan membawa uang dalam jumlah yang memang dibutuhkan saja sehingga Anda tidak tergiur dengan barang-barang lainnya di luar dari kebutuhan berbelanja. Meskipun tergiur, Anda tetap tidak dapat membeli barang tersebut karena persediaan uang yang tidak cukup.

Rutin Mencari Info Promo
Bagi Anda yang hobi berbelanja, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk mencari beberapa informasi mengenai promo-promo di beberapa pusat perbelanjaan. Biasanya promo-promo ini tidak disebarluaskan, bahkan beberapa informasi promo terkadang tidak diketahui.

Karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda menanyakan ke petugas-petugas di pusat perbelanjaan terkait promo yang sedang berlangsung. Bisa jadi Anda sedang beruntung sehingga mendapatkan harga barang yang cukup murah.

Lakukan Perbandingan Harga
Jangan lupa untuk melakukan perbandingan harga dari tempat satu ke tempat lainnya. Atau Anda juga bisa membandingkan dengan barang-barang yang ada di toko online. Cari pusat perbelanjaan yang menawarkan harga yang lebih murah, bahkan ditambah dengan promo atau diskon yang cukup menguntungkan.

Meskipun barang-barang tersebut merupakan produk yang sama, tapi karena tempat yang berbeda menyebabkan harga barang tersebut juga berbeda satu sama lainnya. Karena itu, jelilah saat membandingkan harga dari beberapa tempat.

Tentukan Jadwal Berbelanja
Tentukan jadwal berbelanja Anda. Hal ini cukup penting agar jangan sampai membuat pengeluaran semakin membengkak. Semakin sering Anda berbelanja, semakin membuat Anda sering mengeluarkan uang untuk berbelanja.

Akibatnya membuat Anda terpancing untuk membeli barang-barang lain di luar kebutuhan.
Untuk itu, pastikan jadwal untuk berbelanja. Entah itu di awal atau akhir bulan, anda bisa memilih salah satunya. Yang terpenting hindari berbelanja yang terlalu sering sehingga tidak membuat Anda mengeluarkan uang terus-menerus.

Fokus Menuju Toko Tujuan
Hal lainnya yang sering tidak disadari orang-orang lain saat akan berbelanja adalah tergiur dengan produk-produk yang ditawarkan dari berbagai toko. Akibatnya menyebabkan kegiatan belanja menjadi tidak terkontrol. Untuk itu, usahakan setiap Anda berbelanja agar fokus pada tempat atau toko yang jadi tujuan.

Jangan berusaha mampir ke tempat lain yang memang bukan tujuan Anda sama sekali. Dengan begitu, Anda tidak akan tergiur untuk membeli barang lainnya di luar dari catatan belanja.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Trik Jitu Menabung Untuk yang Bergaji Di Bawah Rp2 Jutaan

SPT Masa Nihil Tidak Wajib Lapor, Bagaimana Bisa?

Anda Ingin Buka Deposito? Perhatikan Hal Berikut Ini

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/bisnis/2018/03/16/192551/bagi-yang-hobi-belanja-inilah-cara-cerdas-kelola-uang

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bagi yang Hobi Belanja, Inilah Cara Cerdas Kelola Uang"

Post a Comment


Powered by Blogger.