Search

Gaet Milenial, Pameran Kain Tradisional Ini Usung Nuansa Kekinian

Suara.com - Apa yang terlintas di benak Anda mendengar kata kain tradisional? Mungkin sebagian besar Anda akan mengaitkannya dengan kesan lawas dan identik dikenakan oleh orangtua.

Untuk menggebrak anggapan tersebut, pameran kain tradisional bertajuk Adiwastra Nusantara 2018 hadir dengan tema baru yakni 'Nuansa Kekinian dalam Balutan Wastra Adati Nusantara'.

Menurut Ketua Penyelenggara, Wida D. Herdiawan, tema yang diusung dalam pameran ini mengikuti tren anak-anak muda yang mulai gemar memadupadankan batik maupun tenun dalam berbusana.

Untuk itu pihaknya juga menggandeng para desainer muda alumni ESMOD Jakarta untuk memamerkan koleksi bernuansa etnik atau kombinasi wastra adati dengan desain kekinian yang menjadi tren di kalangan milenial.

"Wastra adati Indonesia sangat kaya dan beragam jenis coraknya, masing-masing membawa ciri keindahan serta keunikan tradisi dan kearifan lokal dari daerah asalnya. Tak cuma orangtua, generasi muda harus datang ke pameran ini," ungkapnya pada temu media di Kementerian Pariwisata, Rabu (21/4/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, I Gde Pitana Brahmananda mengatakan bahwa pameran Adiwastra Nusantara ini juga bisa menjadi magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Ia menyebut pameran ke-11 ini akan mendatangkan wisatawan ke Indonesia yang berkontribusi pada pencapaian target 17 juta wisman dan 270 juta wisatawan nusantara.

"Pameran ini sangat tepat karena mengangkat karya kekinian di era digital dan sasaran generasi milenial yang tak lepas dari internet dan media sosial sebagai sarana efektif untuk mempromosikan acara pameran maupun produk kain tradisional unggulan nusantara," tambah dia.

Rencananya, pameran yang diikuti 450 peserta dari kalangan pengrajin mandiri ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai lomba, antara lain 'Lomba Selendang Indonesia' bekerjasama dengan Traditional Textile Arts Society of South East Asia. Jadi jangan lewatkan pameran Adiwastra Nusantara 2018 pada 11-15 April di JCC Senayan mendatang, ya!

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/lifestyle/2018/03/21/211656/gaet-milenial-pameran-kain-tradisional-ini-usung-nuansa-kekinian

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gaet Milenial, Pameran Kain Tradisional Ini Usung Nuansa Kekinian"

Post a Comment


Powered by Blogger.