Search

Seri 3 MotoGP: Ini Beberapa Fakta Menarik Jelang Balapan di AS

Suara.com - Setelah jeda hampir dua pekan balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP, siap kembali bergulir. Kali ini giliran Circuit of the Americas (COTA), Austin, Amerika Serikat, yang mendapat kehormatan menjadi tuan rumah seri ketiga MotoGP 2018.

Di atas kertas, Honda paling difavoritkan memenangi balapan di sirkuit yang memiliki panjang lintasan 5,513 km dan 20 tikungan, Minggu (22/4/2018) nanti.

Status tersebut menyusul prestasi yang telah ditorehkan pebalapnya, Marc Marquez, yang merajai COTA dalam lima musim terakhir.

Statistik ini sekaligus membuat Marquez kembali diunggulkan memenangi balapan di COTA. Kondisi ini tentu pula meningkatkan motivasi Marquez.

Sebab, dalam dua seri awal MotoGP tahun ini, dia belum sekalipun meraih kemenangan.

Pada seri pertama di Qatar, Marquez kalah bersaing dengan rivalnya Andrea Dovizioso yang keluar sebagai juara.

Di seri berikutnya di Argentina, Marquez melorot posisinya ke urutan 18 setelah dihukum penalti 30 detik oleh Race Direction akibat insiden senggolan dengan Valentino Rossi.

Berikut beberapa fakta-fakta balapan MotoGP AS:

1. Total, Amerika Serikat telah menggelar 30 kali balapan MotoGP: Sirkuit Laguna Seca (15 kali), Indianapolis (8), Austin (5), dan Daytona (2).

2. Tahun ini jadi yang keenam kalinya berturut-turut COTA menjadi tuan rumah balapan motor paling bergengsi di kolong langit.

3. Para pebalap Honda telah memenangkan 14 balapan terakhir MotoGP AS. Satu-satunya pebalap non-Honda yang menang di AS adalah Jorge Lorenzo, yang memenangi balapan di Laguna Seca tahun 2010 bersama Yamaha.

4. Marc Marquez merajai balapan kelas MotoGP di AS sejak tahun 2013. Rinciannya, yakni Laguna Seca sekali (2013), Indianapolis tiga kali (2013-2015), dan Austin lima kali (2013-2017).

5. Diantara para pebalap MotoGP yang masih aktif saat ini, hanya empat pebalap yang tercatat pernah menang di berbagai sirkuit di AS, yakni Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/sport/2018/04/20/165839/seri-3-motogp-ini-beberapa-fakta-menarik-jelang-balapan-di-as

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Seri 3 MotoGP: Ini Beberapa Fakta Menarik Jelang Balapan di AS"

Post a Comment


Powered by Blogger.