Search

Hindari Jongkok di Kloset Duduk Jika Tak Ingin Alami Risiko Ini

Suara.com - Untuk menghindari paparan virus dan bakteri, sebagian orang memilih jongkok di kloset duduk saat menggunakan toilet umum. Padahal, menurut sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Leicester, jongkok di kloset duduk justru bisa mendatangkan efek negatif.

Ahli mikrobiologi klinis dari Universitas Leicester, Primrose Freestone, tak membantah bahwa beberapa kuman di toilet umum seperti Campylobacter, Enterococcus, Escherichia coli, Salmonella, Shigella, Staphylococcus, Streptococcus, dan bakteri Yersinia, serta virus seperti norovirus, rotavirus, dan hepatitis A dan E bisa berbahaya jika terpapar di tubuh manusia.

Namun ia menegaskan bahwa risiko terinfeksi bakteri saat duduk di kloset jongkok sangat kecil karena sebagian besar gangguan sistem pencernaan yang dipicu bakteri berasal dari kontaminasi di tangan atau makanan.

"Tubuh manusia juga dilengkapi dengan bakteri baik sebagai pelindung. Selain itu, kekebalan tubuh manusia juga telah didesain sebaik mungkin untuk melindungi diri dari bakteri jahat," tambah dia

Itu sebabnya, Freestone mengatakan bahwa Anda tak perlu repot-repot jongkok saat menggunakan kloset duduk di toilet umum. Justru, kebiasaan ini bisa memicu cedera dan memicu tegang di otot dasar panggul, khususnya pada kaum hawa.

"Kondisi ini juga akan membuat urine sulit mengalir, dan memicu infeksi saluran kemih karena urine tertahan di dalamnya," tambah dia.

Jika Anda masih khawatir dengan infeksi bakteri di kloset duduk, Freestone menyarankan untuk selalu membawa tisu antiseptik untuk membersihkan dudukan kloset sebelum digunakan.

"Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah menggunakan toilet, karena tombol flush maupun gagang kamar mandi dipenuhi oleh bakteri," tandas dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2018/06/27/184202/hindari-jongkok-di-kloset-duduk-jika-tak-ingin-alami-risiko-ini

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hindari Jongkok di Kloset Duduk Jika Tak Ingin Alami Risiko Ini"

Post a Comment


Powered by Blogger.