Search

Ingin Bikin Kue? Ini yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Tepung

Suara.com - Jika Anda berniat untuk membuat kue, cookies atau keik maka jangan sembarang pilih tepung. Cermati dulu kandungan protein yang digunakan dalam tepung tersebut.

Chef Achen, pemilik Toko Kue Ny. Liem di Bandung mengatakan ada beberapa jenis tepung terigu yang ada di pasaran yang dikelompokkan berdasarkan kandungan proteinnya. Tepung terigu protein tinggi misalnya, lebih tepat digunakan untuk olahan donat, roti dan mie.

"Alasannya untuk membuat panganan tersebut dibutuhkan gluten yang tinggi agar hasil adonan mengembang sempurna dan bertekstur lembut serta kenyal," ujar Chef Achen pada peluncuran program Bungasari dan Ny. Liem Cari Home Chef di Jakarta, Sabtu (17/3/2018).

Sedangkan tepung terigu protein sedang lebih tepat digunakan untuk membuat cookies agar hasilnya lebih renyah. Terakhir, untuk membuat cake atau brownies bisa menggunakan tepung terigu protein rendah.

"Kalau bikin roti pakai tepung protein tinggi biar tekstur kenyal. Kalau protein tinggi buat cake nanti jadi nggak ngembang," tambah dia.

Agar lebih mudah untuk membedakannya, Chef Achen merekomendasikan Anda untuk menggunakan tepung dalam kemasan sehingga bisa lebih mudah mengenali kandungan proteinnya.

"Banyak yang gagal bikin kue atau roti salah satunya dari bahan. Tepung asal beli kita nggak tahu itu untuk apa. Kalau tepung lebih baik beli yang kemasan. Jadi tahu itu protein apa," ujar Chef Achen memberi saran.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/lifestyle/2018/03/17/200000/ingin-bikin-kue-ini-yang-perlu-diperhatikan-saat-memilih-tepung

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ingin Bikin Kue? Ini yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Tepung"

Post a Comment


Powered by Blogger.