Search

Jalan Layang Bintaro dan Cipinang Lontar Resmi Digunakan

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan jalan layang Bintaro Permai, Jakarta Selatan dan Cipinang Lontar, Jakarta Timur.

Gubernur Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, kemacetan yang disebabkan perlintasan kereta api akan akan berkurang setelah ada jalan tersebut.

"Setiap kereta api lewat, otomatis jalan ditutup, otomatis menghasilkan potensi hambatan. Makin sering kereta lewat, semakin sering terheti, dengan adanya lintas atas sebidang itu, maka kereta api bisa lewat lebih banyak dan tidak ada dampaknya bagi lalin," ujar Anies di Jalan Bintaro Permai, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jumat (16/3/2018).

Selain mengurangi kemacetan, adanya flyover diharapkan mampu meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Kami berharap ini juga membantu meningkatkan keselamatan jalan yang melintasi wilayah perlintasan kereta api,” tuturnya.

Pembangunan jalan layang itu bertujuan untuk menghilangkan persimpangan sebidang antara Jalan Bintaro Permai dan jalan rel Jakarta-Serpong, serta melancarkan arus lalu lintas.

Jalan layang Bintaro Permai memiliki panjang 391 meter dengan lebar 9 meter. Meliputi jalur dua arah dan termasuk trotoar di satu sisi jalan.

Sementara dari segi keindahan, Jalan layang Bintaro Permai dilengkapi ornamen Betawi pada dinding pembatas, dengan motif gigi balang dan finishing pagar di atas lintasan kereta sebagai pengaman.

Selain itu, terdapat pula taman di samping kanan dan kiri pada planter box dan taman di bawah lokasi lintas atas sehingga tetap asri dan indah.

Untuk pencahayaan, desain lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dibuat bermotif dan tiang bawah struktur dihiasi dengan lampu warna-warni pada malam hari.

Untuk Jalan layang Cipinang Lontar berlokasi di Jalan Bekasi Timur Raya, Cipinang, Jakarta Timur.

Pembangunan flyover ini bertujuan untuk menghilangkan persimpangan sebidang antara Jalan Bekasi Timur Raya dan Jalan Rel Jakarta-Bekasi, serta mendukung jalur TransJakarta Koridor 11.

Panjang Lintas Atas Cipinang Lontar mencapai 545 meter dengan lebar 13 meter.

"Untuk yang Cipinang Lontar itu panjangnya 545 meter, kemudian lintas atas Bintaro Permai panjang lintasannya 391 meter dan alhamdulillah ini tuntas," kata Anies. 

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/news/2018/03/16/153555/jalan-layang-bintaro-dan-cipinang-lontar-resmi-digunakan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jalan Layang Bintaro dan Cipinang Lontar Resmi Digunakan"

Post a Comment


Powered by Blogger.