Search

Anies Baswedan Pelajari Usulan Transportasi di Sungai Ciliwung

Suara.com - Gubernur Jakarta Anies Baswedan akan mempelajari rencana Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, untuk membangun sarana transportasi alternatif di Sungai Ciliwung.

Anies Baswedan juga mengatakan Pemerintah Provinsi Jakarta akan mempelajari terkait kerja sama antara Pemprov dengan Kementerian BUMN perihal rencana tersebut.

"Kami pelajari dulu. Iya dong kami pelajari dulu," ujar Anies Baswedan di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (9/4/2018) malam.

Komisi VI DPR RI gelar Rapat Kerja dengan Menteri BUMN Rini Soemarno di kompleks Senayan, Jakarta, Selasa (30/6). [suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno akan menginstruksikan beberapa perusahaan BUMN untuk bekerja sama dalam percontohan moda transportasi alternatif di Sungai Ciliwung.

Rini akan menunjuk PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), Bank BTN dan PT Waskita Karya (Persero) untuk membangun sarana transportasi alternatif di Kali Ciliwung.

"Kita kerja sama untuk bikin percontohan dari BUMN untuk membangun transportasi alternatif di sungai untuk masyarakat. Rupanya banyak masyarakat yang susah sekali transportasi ke kota karena macet. Nanti kami minta izin dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR," ujar Rini, Minggu (8/4/2018)

Menurut Rini, Kali Ciliwung bisa menjadi jalur transportasi alternatif menuju pusat Ibu Kota yang bisa mengurai kemacetan di jalan raya. Selain itu, transportasi alternatif ini dapat memudahkan masyarakat yang tinggal di pinggir Sungai Ciliwung.

Sungai Ciliwung di kawasan Manggarai, Jakarta, Jumat (31/7). [suara.com/Oke Atmaja]

Ia menjelaskan percontohan transportasi dengan perahu karet di Sungai Ciliwung ini akan dijalankan oleh tiga perusahaan BUMN yang sudah ditunjuk dan Yayasan Lintas Sungai Abadi.

Selain itu, Kementerian BUMN juga akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan RT setempat di kawasan bantaran Sungai Ciliwung untuk pembinaan dalam menjaga kebersihan sungai.

"BUMN kerja sama dengan Pemda, kita cari RT yang di pinggir sungai, untuk buat percontohan rumah sederhana agar mereka menjaga sungai. Kita bersih-bersih sampah, tetapi kalau semua orang buang sampah nggak ada gunanya," tutur Rini Seomarno.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/news/2018/04/10/020500/anies-baswedan-pelajari-usulan-transportasi-di-sungai-ciliwung

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anies Baswedan Pelajari Usulan Transportasi di Sungai Ciliwung"

Post a Comment


Powered by Blogger.