Search

Cegah Radikalisme, Ganjar-Yasin Mau Ulama Seleksi Buku di Perpus

Suara.com - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah petahana Ganjar Pranowo - Taj Yasin akan meminimalisir peredaran isu hoax dengan membuat perpustakaan di tiap desa di Jawa Tengah. Perpustakaan desa diklaim mampu menjadi tempat edukasi masyarakat terkait menangkal isu ekstrimisme yang kerap kurang dipahami.

"Hoax dan ekstrimisme menjamur karena rendahnya literasi masyarakat, kurang baca, dan sedikit bahan bacaan. Perpustakaan salah satu solusinya," kata Taj Yasin di Posko Santri Gayeng, Jalan Sumbing 1 Semarang, Rabu (4/4).

Maka dari itu, putra dari tokoh NU Maimoen Zubair ini ingin gerakan gemar membaca bisa dimulai di lingkungan pedesaan. Aneka bahan literasi buku bisa seputar nasionalisme, bacaan koran, sampai, buku agama yang mudah dipahami.

"Isu ekstrimisme menjadi penting, karena saat ini banyak masyarakat terjebak pada gerakan dan paham ekstrimisme yang justru merugikan Islam itu sendiri," katanya.

"Nanti akan kita buat perpustakaan di setiap desa di Jawa Tengah. Tujuannya supaya muncul gerakan gemar membaca," tambahnya.

Melalui perpustakaan desa, masyrakat bisa disajikan Islam sebenarnya, kaidah perjuangan dan syariatnya. Bagaimana jihad dalam ekstrimisme juga dibenarkan dan batasnya.

"Kami ingin menyajikan, ini lho Islam damai, islam itu rahmatan lil alamin yang bisa bersanding dengan agama lain. Itu sumbernya bisa dibaca di perpustakaan desa," kata paslon nomor urut 1 yang berpasangan dengan cagub Ganjar Pranowo ini.

Lebih dari itu, dia juga ingin mencoba jika perpustakaan itu akan didekatkan ke lingkungan pesantren atau lembaga keagamaan. Lalu para ulama dan santri bisa menyaring buku yang ada. Sehingga tidak ada literasi berpaham ekstrem yang masuk ke masyarakat.

"Para ulama pun bisa mengajari masyarakat Islam yang damai," ujarnya.

Yasin menjelaskan jenis buku dalam program perpustakaan bisa diisi buku tentang menangkal paham ekstrem, lalu buku yang juga menumbuhkan nasionalisme.

"Perpustakaan itu harus nyaman untuk masyarakat. Harapannya, perpustakaan bisa jadi ajang tatap muka serta interaksi sosial yang tumbuh di masyarakat," katanya. (Ambar)

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/news/2018/04/04/224217/cegah-radikalisme-ganjar-yasin-mau-ulama-seleksi-buku-di-perpus

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cegah Radikalisme, Ganjar-Yasin Mau Ulama Seleksi Buku di Perpus"

Post a Comment


Powered by Blogger.