Search

Urai Arus Milir: Rest Area Untuk Promosi Kuliner

Suara.com - Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa pihaknya bersama Korlantas Polri telah memiliki perencanaan untuk mengurai kemacetan di sepanjang jalan arus milir atau balik pasca Mudik Lebaran 2018.

Salah satunya adalah penyediaan rest area atau area peristirahatan serta tempat parkir bagi para pemudik di sepanjang jalan yang akan dilewati. Setidaknya dibutuhkan 24 rest area dan parkir di sepanjang jalan dari Semarang ke Jakarta.

"Dari yang kita konsolidasikan yaitu 24 tempat rest area dan parkir, dari Semarang sampai ke Jakarta. Ada 12 rest area dari Semarang ke Cikampek. lalu 12 lagi Cikampek sampai ke Jakarta," kata Budi usia rapat koordinasi persiapan arus milir di Kantor Korlantas Polri, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (14/6/2018).

Tidak hanya difungsikan sebagai tempat peristirahatan, beberapa rest area juga akan difungsikan sebagai ajang promosi kekhasan kota-kota yang dilewati sepanjang jalan. Rest area juga akan menjajakan oleh-oleh khas daerah terdekat.

"Rest area juga sebagai tempat jual beli oleh-oleh dan makanan. Yaitu beberapa kota seperti Batang, Tegal, dan Brebes. Kalau memang nanti mau di Pekalongan juga bisa, tetapi agak jauh," ujar Budi.

"Kami akan buat kampanye kuliner milir  masing-masing kota itu dengan kearifan lokalnya. Ini menjadi suatu bagian yang menyeimbangkan ritual akbar milir mudik," Budi menambahkan. 

Dan Kementerian Perhubungan dengan Kepolisian, Jasa Marga, dan Jasa Raharja serta Cipta Karya akan bekerjasama untuk mengkampanyekan oleh-oleh dan kuliner milir mudik 2018.

"Hal lain yang kita minta pada para pengelola rest area, adalah meningkatkan kualitas dari masing-masing rest area. Artinya kalau memiliki toilet, bisa lebih bersih dan dijaga dengan baik," kata Budi.

Sebelumnya Budi memperkirakan puncak arus milir mudik 2018 akan terjadi pada tanggal 19 hingga 20 Juni 2018. Ia mengimbau, bagi yang tidak mau terjebak pada kemacetan panjang, maka bisa balik sebelum dan sesudah tanggal-tanggal itu.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/news/2018/06/14/160741/urai-arus-milir-rest-area-untuk-promosi-kuliner

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Urai Arus Milir: Rest Area Untuk Promosi Kuliner"

Post a Comment


Powered by Blogger.