Search

Kedepankan Politik Ketakutan, Prabowo Tiru Trump Jelang 2019

Suara.com - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dinilai sedang meniru strategi Presiden Amerika Serikat, Donald Trump pada pemilihan umum 2016 di AS untuk meraup dukungan jelang pemilihan presiden pada 2019 mendatang.

"Pak Prabowo itu saya lihat sedang menjalankan strategi perang seperti Pilpres di Amerika Serikat. Nah, apa strategi Donald Trump? Mempertentangkan kalangan bawah dan atas jadi diungkap persoalan kesenjangan," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari di Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Kedua, lanjutnya, Prabowo saat ini tengah mendengungkan ketakutan terhadap ancaman negara asing.

"Kedua, (Trump) mencoba menyampaikan rasa takut, bahwa Amerika Serikat di bawah ancaman asing. Jadi Trump mengatakan kita di bawah ancaman Cina, awas ada ancaman dari Islam, awas tenaga kerja migran. Jadi menurut saya agak mirip," ujar dia.

Ia menjelaskan hal-hal yang dibagikan oleh keduanya ialah pesimisme dan ketakutan. Jika dikembangkan dan mempengaruhi mayoritas masyarakat Indonesia, maka kecenderungannya akan memilih Prabowo bukan memilih Jokowi.

"Jadi Pak Prabowo mengatakan, Indonesia sekarang ini dan ke depan tidak akan baik kalau bukan saya yang jadi pemimpin. Itu pesannya," ujarnya.

Meski Indonesia dan Amerika Serikat memiliki perbedaan, namun situasi yang sedang berkembang saat ini memiliki kemiripan terlebih isu-isu sensitif dibahas di media sosial.

"Pertama, bicara medsos di Indonesia tidak kalah dengan Amerika dan isu-isu sensitif ini kan paling mudah menyebar lewat medsos," jelas Qodari.

Kedua, imbuh dia, isu pertentangan ini adalah persoalan global, jadi tidak hanya di AS tapi juga di Indonesia.

"Kalau di Amerika takut Islam, kalau di Indonesia takut sama Barat. Jadi saling takut menakuti. Jadi politik ketakutan dan pesimisme itu dimainkan untuk mengganti dengan calon yang lebih kuat," tutup dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/news/2018/04/04/000500/kedepankan-politik-ketakutan-prabowo-tiru-trump-jelang-2019

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kedepankan Politik Ketakutan, Prabowo Tiru Trump Jelang 2019"

Post a Comment


Powered by Blogger.