Search

Selain Cerdas, Anak Harus Punya Tubuh Sehat dan Kuat

Suara.com - Banyak orangtua yang hanya fokus pada kecerdasan anak, baik di ranah akademik maupun nonakademik, dan melupakan pertumbuhan fisik seperti memiliki tubuh sehat dan kuat, yang sesungguhnya merupakan aspek dasar bagi anak untuk bisa mengembangkan potensi dirinya.

Padahal, Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, mengatakan bahwa kalau tubuh anak tidak sehat, tidak banyak yang bisa dikembangkan dari mereka. "Nah, agar anak memiliki fisik yang sehat, kuat, dan tumbuh tinggi, dasarnya tentunya adalah nutrisi yang baik," ujarnya dalam acara Media Gathering 'Dukung Potensi Prestasi Generasi Maju Indonesia' bersama SGM di Jakarta, Rabu (18/04/2018).

Lantas, apa yang perlu dilakukan orangtua agar anak punya tubuh yang sehat dan kuat? Nah, untuk anak usia 1-3 tahun misalnya, kata dia, kenalkan mereka makanan keluarga, namun tetap memperhatikan nutrisi dan gizi yang seimbang.

Selain itu, orangtua juga perlu memberikan stimulasi motorik kasar dan halus. Untuk motorik kasar, Anna menyarankan untukn membiarkan anak berlari-larian atau naik sepeda. Sedangkan untuk melatih motorik halus, orangtua bisa melatih jari-jari anak untuk memegang alat tulis, menggenggam bola, dan lainnya.

"Jangan sampai anak sudah usia 1-2 tahun, tetapi masih makan makanan yang diblender seperti bayi. Anak jugaa perlu makan makanan yang sama dengan keluarganya, agar bisa mendapatkan gizi yang baik," tambah dia.

Sedangkan untuk anak usia 3-5 tahun, kata Anna, stimulasi yang diberikan harus lebih diperjelas. Maksudnya, agar gerakan motorik halus dan kasarnya menjadi lebih terkoordinasi.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2018/04/19/164037/selain-cerdas-anak-harus-punya-tubuh-sehat-dan-kuat

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Selain Cerdas, Anak Harus Punya Tubuh Sehat dan Kuat"

Post a Comment


Powered by Blogger.