Search

Semangka, Kaya Antioksidan Hingga Mencegah Penyakit Jantung

Suara.com - Semangka yang menyegarkan berkat kandungan airnya yang banyak merupakan salah satu buah yang disukai hampir semua orang, mulai dari bayi sampai orang dewasa. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, buah semangka dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Live Science, buah semangka memiliki kandungan vitamin A, B6, dan C dalam jumlah yang cukup tinggi, serta kandungan likopen sebagai antioksidan. Buah yang sangat segar dimakan saat hari terik ini juga bebas lemak, rendah sodium, dan hanya memiliki 40 kalori per cangkir.

"Makanan yang tinggi antioksidan dan asam amino memungkinkan tubuh berfungsi secara optimal," kata Angela Lemond, seorang ahli gizi dan juru diet yang terdaftar di Plano, Texas Academy of Nutrition and Dietetics.

Ia juga menambahkan bahwa antioksidan yang terdapat dalam buah semangka mampu membantu mencegah kanker. "Asam amino yang ada merupakan dasar untuk protein, dan protein digunakan di hampir setiap fungsi vital dalam tubuh," katanya.

Seorang ahli gizi dari Institut Kebugaran Texas di The University of Texas, Victoria Jarzabkowski, mengatakan bahwa likopen pada semangka dikenal memiliki khasiat antioksidan yang kuat. Antioksidan sendiri sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan pencegahan kanker prostat.

Tingkat likopen yang tinggi pada semangka juga sangat efektif untuk melindungi sel dari kerusakan dan membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension menemukan bahwa ekstrak semangka mampu membantu mengurangi kejadian hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa dengan obesitas.

Semangka juga dianggap sangat penting bagi perempuan yang lebih tua. Katanya, perempuan pascamenopause yang kerap mengalami peningkatan kekakuan aorta, dapat mengatasinya dengan mengonsumsi ekstrak semangka selama enam minggu berturut-turut. Hasilnya, mereka akan mengalami penurunan tekanan darah dan kekakuan arteri dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi ekstrak semangka.

Para peneliti juga mengaitkan manfaat semangka dengan citrulline dan arginine. Dimana arginine dapat membantu meningkatkan aliran darah dan dapat mengurangi penumpukan lemak berlebih.

Untuk memaksimalkan asupan likopen, biarkan semangka dikonsumsi saat matang sepenuhnya. Semakin merah semangka, maka semakin tinggi konsentrasi likopen.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/lifestyle/2018/06/11/170000/semangka-kaya-antioksidan-hingga-mencegah-penyakit-jantung

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Semangka, Kaya Antioksidan Hingga Mencegah Penyakit Jantung"

Post a Comment


Powered by Blogger.