Search

Tumor Raksasa Seberat 28 Kg Tumbuh di Rahim Perempuan Singapura

Suara.com - Tumor raksasa tumbuh di rahim seorang perempuan asal Singapura berusia 53 tahun. Tumor raksasa ini diketahui memiliki berat 28 kg dengan panjang 64 cm.

Kasus langka tumor raksasa tersebut diterbitkan dalam jurnal BMJ Case Reports, dan ditulis Dr. Poh Ting Lim, dokter spesialis kandungan dari KK Women's and Children's Hospital di Singapura.

Tim dokter dari Singapura kemudian memindahkan tumor raksasa abnormal yang dikenal sebagai fibroid uterus raksasa dari rahim pasien melalui prosedur bedah operasi.

Tumor raksasa fibroid memang dapat tumbuh di rahim secara bertahap. Pada banyak kasus, fibroid tidak memiliki gejala berarti, namun dapat menyebabkan pendarahan yang berlebih selama menstruasi, rasa sakit saat berhubungan seksual, sering buang air kecil atau perasaan kenyang di perut bagian bawah.

Sementara pada pasien tersebut dilaporkan, ia kerap mengalami sesak napas baik ketika bergerak atau saat berbaring, yang disebabkan oleh tumor raksasa di rahimnya.

Pasien juga selalu merasa kesulitan bernafas selama enam bulan terakhir karena udara tidak bisa mencapai ke paru-paru dengan benar.

Fibroid sebenarnya merupakan kasus yang umum terjadi pada perumpuan usia reproduksi. Tetapi pertumbuhan tumor raksasa fibroid merupakan kasus yang sangat jarang terjadi.

Tumor raksasa fibroid terbesar yang telah tercatat adalah fibroid seberat 63,3 kg dan dikeluarkan dari pasien yang sudah meninggal dunia di tahun 1888.

Sementara tumor raksasa fibroid terbesar yang pernah diangkat dari pasien hidup memiliki berat 45,5 kg dan pasien berhasil selamat dari prosedur operasi tersebut.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2018/09/11/194500/tumor-raksasa-seberat-28-kg-tumbuh-di-rahim-perempuan-singapura

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tumor Raksasa Seberat 28 Kg Tumbuh di Rahim Perempuan Singapura"

Post a Comment


Powered by Blogger.