Search

Suasana Hati Naik Turun Saat Menstruasi, Coba Lima Makanan Ini

Suara.com - Kenaikan sejumlah besar hormon estrogen dalam tubuh Anda selama menstruasi, menyebabkan banyak perempuan menderita gejala yang terkait dengan siklus menstruasi yang meyebabkan intensitas perubahan suasana hati selama menstruasi.

Hal tersebut karena faktor emosi yang juga disebabkan sakit kepala, kram, kembung, mengidam, sakit payudara dan ketegangan keseluruhan.

Meski tak semua perempuan mengalami hal ini, tapi perubahan suasana hati atau emosi yang naik turun tetap saja mengganggu.

Nah, sebenarnya ada beberapa makanan yang bisa mengatasi perubahan suasana hati selama menstruasi lho. Ingin tahu, berikut daftarnya seperti dilansir di Thehealthsite.

1. Dark chocolate atau cokelat hitam

Makanan ini dapat dengan cepat meningkatkan suasana hati. Karenanya, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi cokelat hitam karena memiliki kemampuan untuk meningkatkan hormon serotonin di otak dan meningkatkan suasana hati Anda.

Cokelat hitam juga mengendurkan otot Anda dan mengurangi rasa sakit karena kaya antioksidan.

2. Sayuran berdaun hijau

Selama menstruasi, perempuan mengalami banyak kehilangan darah, sehingga sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Pada perkiraan rata-rata, jumlah kehilangan darah setiap hari saat menstruasi adalah sekitar 30-80 ml sementara kehilangan zat besi dihitung hingga 15-20.

Sayuran berdaun hijau adalah sumber yang kaya zat besi dan dapat mengisi kekurangan saat menstruasi. Makan salad hijau secukupnya setiap hari. Diet brokoli yang kaya serat dan bayam yang memiliki nutrisi seperti vitamin E, vitamin B6 dan magnesium, juga dapat mengurangi kram perut. Juga, cobalah peterseli dengan kandungan apiol (minyak hijau peterseli) di dalamnya yang memudahkan aliran menstruasi dan mengurangi rasa sakit. Adapula sayuran lain yang bermanfaat, seperti kacang polong, kubis Brussel, kale dan seledri.

3. Pisang

Selama menstruasi perempuan sering menginginkan makanan yang mengandung gula atau makanan manis. Jadi, untuk menyeimbangkan keinginan dan diet Anda, konsumsilah banyak buah-buahan segar.

Anda dapat memakan apel yang kaya serat atau pisang yang dapat mengonsumsi membantu menghilangkan sembelit karena banyak perempuan yang rentan mengalami sembelit dan diare selama menstruasi. Bahkan, buah satu ini juga bisa nengurangi kram saat menstruasi dan perut kembung.

Buah lain adalah nanas yang juga bisa mengurangi kram dan meningkatkan suasana hati Anda karena mengandung bromelain yang melemaskan otot Anda. Ceri, plum, aprikot hingga mentimun juga bisa Anda konsumsi.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber protein, vitamin, lemak, mineral dan serat yang juga sangat baik untuk kesehatan selama menstruasi.

Konsumsilah banyak kacang seperti kenari, almond, kacang sebagai camilan pagi dan sore Anda. Ini akan membantu dalam mengurangi sakit perut dan punggung yang umum selama menstruasi.

5. Air

Air adalah cairan esensial yang dibutuhkan tubuh kita setiap hari. Dan selama menstruasi, penting untuk minum air dalam jumlah yang cukup.

Ini tidak hanya akan memperlancar aliran darah tetapi membantu pencernaan yang baik dan mengurangi kram. Pergerakan otot juga diperlukan selama waktu ini. Miliki setidaknya 8-10 gelas air.

Cobalah makanan di atas untuk mengatasi suasana hati yang naik turun saat menstruasi.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2018/09/09/183000/suasana-hati-naik-turun-saat-menstruasi-coba-lima-makanan-ini

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Suasana Hati Naik Turun Saat Menstruasi, Coba Lima Makanan Ini"

Post a Comment


Powered by Blogger.