Search

Ini Mengapa Berada di Dekat Air Begitu Menenangkan

Suara.com - Bila Anda tipe orang yang mencari ketenangan dengan cara pergi ke danau, sungai atau pantai, maka Anda akan setuju dengan teori yang disebut Mind Blue Theory, yaitu teori yang menyebutkan bahwa berada di dekat air begitu menenangkan.

Teori ini dijelaskan secara gamblang dalam buku yang dibuat seorang ahli biologi kelauatan, Wallace Nichols. Lalu, apa sih yang mendasari pernyataan teori tersebut?

BACA JUGA: Amankah Jika Kamu Sering Menahan Kencing?

Dikutip dari laman Elite Daily, ikatan kuat antara manusia dan air sudah terbentuk sejak seseorang berada dalam rahim.

Ahli terapi energi bersertifikat sekaligus pendiri The Carol Tuttle Healing Centre, Carol Tuttle mengatakan, ketika kita masih berada di rahim, kita sudah mendengar suara-suara yang dihantarkan melalui air.

Itu juga mengapa kita bisa saja tiba-tiba merasa begitu tenang saat di dekat air.

BACA JUGA: Enam Kebiasaan Tidur yang Bikin Kualitas Tidur Semakin Buruk

Lautan, secara khusus, menawarkan banyak manfaat kesehatan. Tuttle menjelaskan bahwa udara khas yang mengelilingi lautan membantu produksi serotonin dan melatonin yang dapat meingkatkan rasa sejahtera dan membuat kita lebih mudah tidur di malam hari.

Tak perlu jauh-jauh pergi ke danau, sungai atau lautan untuk dapat merasakan sensasi tenang dari air.

Kata Dr. Sherrie Campbell yang merupakan seorang terapis dan psikolog berlisensi, Anda yang tinggal di perkotaan juga tetap bisa merasakan sensasi ketenangan air.

BACA JUGA: Lima Ciri Orang Rentan Kanker Kulit Melanoma

Caranya cukup hanya dengan mendengar aliran air. "Suara air sangat menenangkan, itulah mengapa banyak orang menggunakan mesin suara untuk tidur. Hujan, samudera, sungai, anak sungai, itu tidak masalah. Suara air membersihkan dan menenangkan," kata Campbell.

BACA JUGA: Pria, Ini Lima Langkah Bentuk Otot dalam Waktu Singkat

Anda bisa memutar rekaman suara hujan atau deru ombak yang lembut yang bisa didapatkan secara cuma-cuma di Youtube atau perangkat musik lain.

Jadi, kalau Anda sedang ruwet atau stres, cobalah berada di dekat air atau mendengarkan rekaman suara air yang begitu menenangkan.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2018/09/07/200800/ini-mengapa-berada-di-dekat-air-begitu-menenangkan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Mengapa Berada di Dekat Air Begitu Menenangkan"

Post a Comment


Powered by Blogger.