Search

Bekraf Animation Conference, Bangun Kemajuan Animasi Indonesia

Suara.com - Animasi merupakan salah satu sub-sektor industri kreatif prioritas yang menjadi fokus untuk dikelola dan dikembangkan bersama dengan sub-sektor aplikasi, game developer, dan sub-sektor musik. Disebut sebagai sub-sektor prioritas, karena ketiga sub-sektor ini berperan sebagai penghela sektor ekonomi lainnya.

Visi  pengembangan  animasi  adalah  memperluas eksposur konten animasi di berbagai sektor di Indonesia pada 2019, berdasarkan asumsi bahwa pasar global adalah pasar Indonesia itu sendiri.  Penguasaan pasar nasional adalah kunci bagi langkah menuju pasar global.

Setelah pertemuan dengan stakeholder terkait animasi di Indonesia dan hasil penyusunan Grand Strategy Ekonomi Kreatif, khususnya subsektor animasi, kemudian diperoleh arah pengembangan sub-sektor animasi Indonesia. Visi pengembangan animasi tersebut akan diperkenalkan lebih lanjut dalam Bekraf Animation Conference (BEACON).

Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah untuk memperkenalkan program-program Bekraf terkait pengembangan ekonomi kreatif kepada pelaku, asosiasi dan masyarakat ekonomi kreatif, khususnya untuk subsektor animasi dan menjembatani kesenjangan jejaring bisnis animasi antara rumah produksi dengan distributor atau investor nasional dan global. Tujuan yang ingin dicapai selanjutnya adalah memberi ruang pada talenta muda animasi Indonesia, dengan menimba ilmu melalui  mentor/tutor yang bereputasi dunia untuk membangun kolaborasi dengan pelaku utama animasi nasional dan dunia.

Perhelatan BEACON 2018 Jakarta akan diawali dengan peresmian oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf dan press conference. Acara akan diramaikan dengan beragam event, seperti Talkshow, Business Link & Match, Panel Discussion, Booth Exhibition, Masterclass, dan Animation Sreening.

Adapun narsumber yang akan meramaikan acara adalah Road To Asia Animation Summit 2018 - Daniel Harjanto (Base Studio) dan Wahyu Aditya (Hellomotion), Membangun Local Hero - Chris Lie (Caravan Studio) dan Goklas Sujiwo (Bumi Langit Comics), Success Story Animasi Tembus Layar Lebar – Si Juki- Faza Meonk (Pionicon), Project Story Animasi D.O.A, Trailer Film Animasi Jagat - Eki N.F (MPIC Animation), Animasi yang Cocok Untuk Platform Media Sosial - Andi Martin (Kratoon Channel), dan Berbagi ilmu di Bidang Animasi Melalui Media Online - Rangga Yudo Yuwono (Dapoer Animasi).

Kemudian, Potensi Bisnis Industri Dunia Komik - Muhammad Misrad (MICE Cartoon) dan Borton Liew (Ciayo Comic), Potensi Industri Animasi di Indonesia dan Revenue Animasi dari TV - Sei Young Cheong “Andy” (MNC Animation), Karier dan Profesi Animasi - Ronny Gani (Bengkel Animasi), Success Story Animasi Tembus Layar Lebar – Knight - Kris Ridwan Santoso (Viva Fantasia), Success Story Animasi Tembus Layar Lebar – Battle Of Surabaya -Aryanto Yuniawan (MSV), Story Telling Dalam Animasi  - Daryl Wilson (Kumata Studio), Distribusi Animasi via Youtube - Fajar Nurwantoro (Kul Stori Indonesia), Animasi AR/VR -Patrick Effendy (Visual Expert), Membuat IP Bible yang Menjual- Chandra Endroputro (BASE Studio).

Semua kegiatan akan berlangsung 1 - 2 September 2018.

Di Indonesia, animasi adalah salah satu subsektor ekonomi kreatif yang sangat potensial. Data Outlook Ekonomi Kreatif 2017, hasil kerja sama Bekraf – BPS menunjukkan, kontribusi subsektor film, animasi dan video mencapai pertumbuhan sangat pesat, yaitu 6,68 persen.

Laju pertumbuhan PDB subsektor film, animasi dan video (2015), menurut hasil riset gabungan antara BPS dan BEKRAF yang dilakukan pada 2016, ekonomi kreatif tercatat mampu memberikan kontribusi kepada pertumbuhan ekonomi nasional sebesar Rp 852 trilliun, atau 7,38 persen terhadap PDB nasional.

Lalu data Statistik  Ekonomi Kreatif Indonesia hasil kerja sama Bekraf – BPS PDB ekonomi kreatif yang tercipta pada 2016, disebut menembus angka Rp 922,59 trilliun. Laju pertumbuhan subsektor film, animasi dan video pun naik menjadi 10,09 persen pada  2016.

Saat ini, Bekraf memberikan kesempatan kepada para pelaku industri animasi Indonesia untuk membuka peluang bagi produsen animasi untuk menjual atau menunjukkan produk mereka kepada pembeli potensial yang melibatkan stasiun TV, agensi dan investor yang telah berkecimpung dalam industri ini selama bertahun-tahun.

“Harapan kami, Bekraf Animation Conference (BEACON) akan semakin membangun ekosistem animasi Indonesia untuk peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa di subsektor animasi demi kemajuan animasi Indonesia,” ujar  Triawan, Jakarta, Sabtu (1/9/2018).

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/pressrelease/2018/09/01/205447/bekraf-animation-conference-bangun-kemajuan-animasi-indonesia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bekraf Animation Conference, Bangun Kemajuan Animasi Indonesia"

Post a Comment


Powered by Blogger.