Search

Mengintip Gurita Bisnis Jack Ma Pemilik Raksasa Alibaba Group

Suara.com - Kehadiran pemilik raksasa Alibaba Group, Jack Ma di gelaran penutupan Asian Games 2018 kemarin menarik banyak perhatian. Namun tahukan kamu siapa yang sebenarnya Jack Ma ini? Tahukah seperti apa gurita bisnis Jack Ma?

Bernama asli Ma Yun, pria kelahiran Hangzhou, Zhejiang, Tiongkok, 10 September 1964 ini dikenal sebagai pebisnis ulung terutama di bidang e-commerce.

Jack Ma mulai membaca peluang bisnis e-commerce ini dimulai saat ia menjadi sekretaris general manager gerai penjual ayam goreng Kentucky Fried Chicken.

BACA JUGA: Banyak Banget, Ini Deretan Perusahaan Jack Ma

Saat itu ia berkenalan dengan komputer dan internet. Ketika itu ia mencari kata ''beer'' di mesin pencari Yahoo namun tidak dapat menemukan data.

Akhirnya Jack Ma memberanikan diri meminjam uang 2.000 dolar AS dari kerabatnya untuk mendirikan perusahaan komputer.

Jack Ma membaca peluang untuk menjual barang-barang Cina ke luar negeri melalui internet. Karena itulah ia mendirikan Alibaba, situs e-commerce pada 1999.

Alibaba berkembang jadi salah satu raksasa e-commerece dunia. Lalu pada 2014, Alibaba Group melakukan initial public offering (IPO).

BACA JUGA: Hadir di Penutupan Asian Games, Ini Fakta Unik Jack Ma

IPO Alibaba Group disebut-sebut sebagai IPO e-commerece tersukses yang pernah ada. Dilansir dari ChinaNationalNews, IPO ini berhasil menghimpun dana hingga Rp 289,9 triliun.

Jack Ma. (Facebook)
Jack Ma. (Facebook)

Dan kini perusahaan raksasa asal Cina ini memiliki kapitalisasi pasar 500 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 6.655 triliun.

Dana sebesar ini menempatkan Alibaba Group ke deretan perusahaan raksasa lainnya seperti Apple, Alphabet (induk Google), Microsoft, Amazon, Facebook, dan Tencent.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/tekno/2018/09/04/200000/mengintip-gurita-bisnis-jack-ma-pemilik-raksasa-alibaba-group

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengintip Gurita Bisnis Jack Ma Pemilik Raksasa Alibaba Group"

Post a Comment


Powered by Blogger.