Search

William Wongso: Koki Masakan Indonesia Masih Minim, Apa Sebabnya?

Suara.com - Pakar kuliner William Wongso berpendapat bahwa generasi mudah masih kurang berminat menjadi chef atau koki masakan Indonesia. Hal tersebut ditambah dengan sulitnya menemukan bahan makanan Indonesia ketika berada di luar negeri.

Kondisi inilah, kata dia, yang menyebabkan sulitnya mencari koki masakan Indonesia saat berada di luar negeri. Berbeda dengan negara lain yang cenderung mudah mendapatkan koki yang menguasai masakan dari negara asalnya.

"Contohnya, kalau kedutaan besar kita membutuhkan koki masakan Indonesia sulit sekali menemukannya. Sementara negara tetangga justru kedubesnya buka lowongan koki dan rata-rata yang melamar anak muda," ujar William Wongso dalam acara Pesona Rendang Nusantara di Neo Soho Mall, Jakarta, belum lama ini.

Kurangnya minat generasi muda untuk menjadi chef yang menguasai masakan Indonesia, menurutnya, harus menjadi perhatian pemerintah.

"Harus ada upaya dari pemerintah agar bahan baku makanan Indonesia bisa tersebar di seluruh dunia," William Wongso.

Menjawab kebutuhan tersebut Dekan Fakultas Sosial Universitas Podomoro, Dea Prasetyawati mengatakan, pihaknya berusaha mendorong mahasiswanya untuk melestarikan kekayaan budaya nasional salah satunya dengan menggelar acara kuliner nusantara agar generasi muda tertarik untuk mempelajari masakan tradisionalnya.

"Di acara Pesona Rendang Nusantara ini kami berupaya untuk melestarikan cita rasa rendang sebagai kekayaan gastronomi Indonesia, dengan demikian diharapkan generasi muda semakin dekat dan cinta terhadap masakan tradisional sehingga tergerak pula untuk mempelajarinya," jelasnya panjang lebar.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/lifestyle/2018/07/18/145552/william-wongso-koki-masakan-indonesia-masih-minim-apa-sebabnya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "William Wongso: Koki Masakan Indonesia Masih Minim, Apa Sebabnya?"

Post a Comment


Powered by Blogger.