Search

Daftar Nyaleg, Kader Partai Tommy Soeharto Tak Bayar Kopi Asongan

Suara.com - Berharap untung malah buntung, begitulah yang dirasakan dua penjual kopi seduh di depan Kantor KPU Kota Tangerang Selatan, bernama Naryo dan Ratna.

Naryo dan Ratna berharap banyak mendapat untung, saat calon-calon anggota legislatif dan massa partai-partai politik membeludak di kantor KPU Tangsel, Jalan Buana Kencana,Rawa Buntu, kecamatan Serpong, sewaktu melakukan pendaftaran bacaleg untuk Pemilu 2019.

Kopi dan dagangan mereka memang laris manis tanjung kimpul saat kantor KPU dipenuhi para bacaleg. Namun, banyak dari bacaleg itu ternyata tak membayar setelah menikmati dagangan mereka berdua.

Lelaki berusia 54 tahun dan perempuan berumur 53 tahun itu adalah suami istri. Kantor KPU adalah tempat mereka sehari-hari memangkalkan asongan berupa kopi dan penganan.

Karenanya, bagi mereka, pada musim pendaftaran caleg adalah hajatan besar untuk meraup banyak keuntungan.

Tak terkecuali pada Selasa (17/7) pekan lalu, hari terakhir pendaftaran balaceg, persisnya saat Partai Berkarya bersama bacaleg, simpatisan, serta kadernya ke KPU untuk mendaftar.

“Selasa pekan lalu, simpatisan dan kader Partai Berkarya mendaftar ke KPU. Mereka juga memesan puluhan kopi seduh dalam gelas, teh, dan minuman lainnya. Tapi tak dibayar,” tutur Ratna.

Kala itu, Pujiono—pentolan partai besutan putra bungsu penguasa Orde Baru Soeharto, yakni Tommy Soeharto tersebut—meminta ia dan sang suami memberikan apa pun yang diinginkan anggotanya.

"Waktu itu dia bilang, ‘kasih saja bu, siapa juga yang mau pesan kasih. Mau merah,kuning, ijo kek nanti saya beresin’, begitu," kata Ratna menirukan janji pentolan Partai Berkarya yang tak dikenalnya.

Naryo dan Ratna, pasutri pedagang kopi seduh di Kantor KPU Tangerang Selatan yang mengakui puluhan kopi dan dagangannya tak dibayar oleh caleg Partai Berkarya. [Suara.com/Anggy Muda]
Naryo dan Ratna, pasutri pedagang kopi seduh di Kantor KPU Tangerang Selatan yang mengakui puluhan kopi dan dagangannya tak dibayar oleh caleg Partai Berkarya. [Suara.com/Anggy Muda]

Pucuk di cinta ulam pun tiba, begitulah pikir Naryo dan Ratna setelah mendapat janji manis Pujiono. Tanpa lama berpikir, keduanya langsung memenuhi setiap pesanan kader Partai Berkarya tersebut.

“Ada yang minta dibuatkan mi, minuman, semua kami layani, karena memang pesan orang itu begitu ke saya. Biasa yang lain-lain juga begitu, tapi sudah langsung dibayar,” jelas Ratna.

Ratna dan Naryo baru merasakan kegetiran janji sang politikus saat hari sudah beranjak larut. Rombongan Partai Berkarya mulai bubar.

“Orang yang berjanji membayar semua itu cuma memberikan Rp 130 ribu. Padahal, catatan tagihan yang kami berikan kepadanya tertera Rp 649 ribu. Jadi sisa Rp 519 ribu yang belum dibayar,” ungkapnya.

Naryo dan Ratna kesal, dan mendesak Pujiono untuk langsung membayar sisa utang pada hari, jam, menit, dan detik itu juga.

“Tapi dia bilang nanti yang mau nanggung adalah P dari Partai Berkarya. Tapi sampai hari ini, sudah seminggu lewat, tak ada kejelasan,” sesalnya.

Ratna mengakui, ia dan Naryo sudah mencoba menghubungi sejumlah pengurus Partai Berkarya, namun jawaban yang didapat hanya janji-janji manis.

"Iya katanya mau pada nyaleg, tapi masa dagangan rakyat kecil saja tak dibayar. Tolong dong diperhatikan," kata dia kesal.

Sementara Ketua DPC Partai Berkarya Kota Tangerang Selatan Subari Martadinata, saat dihubungi Suara.com melalui nomor ponselnya, tidak aktif. [Anggy Muda]

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/news/2018/07/23/202014/daftar-nyaleg-kader-partai-tommy-soeharto-tak-bayar-kopi-asongan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daftar Nyaleg, Kader Partai Tommy Soeharto Tak Bayar Kopi Asongan"

Post a Comment


Powered by Blogger.