Search

Awas! Jurnalis Dilarang Live Streaming Pertandingan Asian Games

Suara.com - INASGOC selaku penyelenggara Asian Games 2018 melarang para jurnalis selama perhelatan Asian Games Agustus 2018 untuk melakukan live streaming di media sosial.

Media Public Relation Inasgoc, Lucky I Mirza mengatakan, para pemburu berita boleh memposting foto seputar kegiatan, tapi tidak boleh menyiarkan secara live di sosial media seperti Instagram dan Facebook karena itu termasuk streaming. Hanya media-media tertentu yang diperbolehkan melakukan penyiaran.

Meski demikian, peraturan ini tidak berlaku bagi penonton, karena penonton sifatnya tidak komersil. Menurutnya, INASGOC memang menerapkan sejumlah peraturan dari OCA. Termasuk peliputan jurnalis saat masuk ke venue saat pertandingan berlangsung.

Larangan lainnya, jurnalis radio juga diminta tidak melakukan live interview. "Kalau foto boleh," ujarnya di Palembang Sumatera Selatan, Senin (16/7/2018).

Menurutnya, INASGOC menyediakan semua kebutuhan jurnalis yang akan meliput Asian Games, mulai dari update informasi, daily news, profil atlet serta kebutuhan lainnya.

"Dalam 10 menit, semua hasil pasca-pertandingan sudah bisa diakses dan didapatkan nantinya," kata Lucky.

Meski tidak ada konsekuensi khusus, namun pihaknya melalui pengawas dan volunteer akan memberikan peringatan kepada jurnalis tersebut.

Panitia penyelenggara menyatakan telah mengakreditasi sekitar 4.620 jurnalis dari total 5.000 jurnalis dalam dan luar negeri yang mengajukan untuk tugas peliputan Asian Games 2018. Ditargetkan MPC dan Sub MPC baik di Jakarta dan Palembang akan siap pada 10 Agustus 2018, mengingat pertandingan paling awal cabang olahraga bola tangan akan dilaksanakan pada 13 Agustus.

Menurut Lucky, jurnalis yang terakreditasi untuk Asian Games terdiri dari 2.500 jurnalis dari partisipan NOCs, 1.500 jurnalis dalam negeri dan 1.000 jurnalis di luar NOCs seperti AFP, AP, Reuters, ABC dan BBC. Untuk pemegang hak siar telah ditetapkan lima stasiun televisi swasta termasuk TVRI. Sementara hak siar radio dipegang oleh RRI. [Andhiko Tungga Alam]

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/news/2018/07/16/190915/awas-jurnalis-dilarang-live-streaming-pertandingan-asian-games

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Awas! Jurnalis Dilarang Live Streaming Pertandingan Asian Games"

Post a Comment


Powered by Blogger.