Search

Ciuman Bisa Tularkan Herpes? Ini Faktanya!

Suara.com - Ciuman merupakan salah satu ekspresi cinta yang universal, tapi di balik itu ciuman juga disebut bisa membuat Anda tertular herpes.

Teena Chopra, MD, Corporate Medical Director of Infection Prevention dan Hospital Epidemology, Detroit Medical Center dan Wayne State University, menyebut ciuman dari mulut ke mulut dapat meningkatkan risiko seseorang terkena virus herpes simpleks (HSV) 1 dan 2, serta sifilis.

BACA JUGA: Aspirin Dosis Rendah Bisa Bantu Melawan Kanker Ovarium

Dilansir Women's Health Mag, lewat penelitian tersebut peneliti mengatakan bahwa paparan air liur secara langsung dari mulut ke mulut dapat menjadi medium penyebaran virus herpes. Herpes sendiri merupakan penyakit menular seksual yang paling umum terjadi.

Kesimpulan tersebut diamini juga oleh National Institute of Allergy and Infections Diseases (NIAID) yang mengatakan bahwa infeksi virus herpes simplex mengancam mereka yang melakukan ciuman.

BACA JUGA: Digiseksual: Orientasi Seksual Unik yang Baru Dikenal Masyarakat

"Begitu seseorang sudah terinfeksi, virus dapat tidur bertahun-tahun, dan aktif kembali sewaktu-waktu," tulis penjelasan resmi tim peneliti.

Peneliti juga menjelaskan mengenai perbedaan HSV-1 dan HSV-2. HSV-1 adalah virus yang bertanggung jawab untuk herpes oral (terjadi di mulut), sedangkan HSV-2 menyebabkan herpes genital atau kelamin.

BACA JUGA: Tujuh Makanan ini Bisa Perlancar Peredaran Darah lho!

Herpes oral sendiri dapat menyebar lewat mulut ke kelamin sebagai akibat dari seks oral. Hal yang sama juga dapat menyebabkan HSV-2, karena paparan herpes oral sebelumnya. Baik HSV-1 dan HSV-2, saling berkait dan menjadi sumber masalah satu sama lain.

Lalu apa gejala utamanya? Paling mudah yang dirasakan adalah sensasi terbakar, gatal, dan atau kesemutan pada area mulut atau kelamin. Jika penyakit sudah semakin parah, akan muncul luka di area mulut atau kelamin.

BACA JUGA: Suka Bersepeda? 4 Manfaat Bisa Kamu Dapat Jika Rajin Bersepeda

Kalau sudah begitu, segera datangi dokter untuk mendapat penanganan terbaik. Dokter akan memberikan pengobatan agar kondisi herpes tak semakin parah.

Satu-satunya cara untuk mencegah herpes adalah dengan menghindari perilaku seks berisiko. Jika pasanganmu pernah mengalami riwayat herpes, ada baiknya mendiskusikannya dengan dokter agar penyakitnya terkontrol.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2018/07/25/203000/ciuman-bisa-tularkan-herpes-ini-faktanya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ciuman Bisa Tularkan Herpes? Ini Faktanya!"

Post a Comment


Powered by Blogger.