Search

KRI Dewaruci, Sang Legenda Ikut Meriahkan Asian Games Palembang

Suara.com - Aji Putra (30) tak mampu menyembunyikan rasa kagumnya saat melihat sebuah sang legenda laut ada di depan matanya.  Sesekali pemuda itu memainkan ponsel dan membidik kameranya ke sebuah kapal berwarna putih. "Itu KRI Dewaruci kak. Sering lihat di internet, tapi baru ini bisa melihat langsung dengan mata kepala sendiri," serunya kegirangan.

Aji tidak sendirian. Ratusan warga Palembang juga memiliki rasa kagum, haru sekaligus bangga dengan apa yang mereka lihat. KRI Dewaruci memang sebuah kapal legendaris milik TNI Angkatan Laut. Diambil dari nama dewa dalam kisah pewayangan Jawa, kapal ini bersandar di Pelabuhan Boombaru, Palembang Sumsel, Kamis (16/8/2018).

Dengan berhiaskan Bendera Pusaka Merah Putih dan puluhan bendera negara peserta Asian Games 2018, kapal yang memiliki panjang 58,5 meter dan lebar 9,5 meter yang berbasis di Surabaya tersebut siap menyemarakkan suasana Asian Games di Palembang. 

Tak hanya itu, keberadaan kapal yang dibuat tahun 1952 tersebut juga dibuka untuk umum bagi masyarakat Palembang yang ingin merasakan sensasi seorang pelaut. Tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Komandan kapal Letkol Pelaut, Waluyo mengatakan, setiap kali bersandar pihaknya selalu membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam soal sejarah Kapal Dewaruci. Dan untuk kali ini di Palembang, kegiatan Open Ship Kapal Dewaruci akan dibuka sampai 19 Agustus 2018 berlokasi di Pelabuhan Boombaru sejak pukul 09.00 - 20.00 WIB.

"Setelah tanggal 19 Agustus, akan berangkat lagi ke Jakarta, dimana Kapal Dewaruci akan digunakan sebagai background lomba layar dan jetski di Ancol," jelas Waluyo di Boombaru.

Para personel Kapal Dewaruci akan siap mendampingi pengunjung yang datang dan mereka bisa langsung bertanya ke personel kapal yang bertugas. 

“Kita tak sediakan selebaran, jadi sifatnya bukan seperti museum nanti akan didampingi kalau ada yang bertanya langsung kita jelaskan ke pengujung,"' jelasnya. 

Kapal latih bagi taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), ini membawa 27 orang dari SMK Pelayaran Hangtua pasukan generasi muda pramuka saka bahari, pemuda-pemudi pecinta bahari, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin Palembang mengaku bangga karena KRI Dewaruci kembali berlabuh di tanah Sriwijaya. Menurutnya, kapal yang dibuat oleh HC Stulcken dan Sohn Hamburg tersebut terakhir berlabuh di Palembang pada 1971 silam, yang artinya sudah 47 tahun KRI Dewaruci baru bersandar lagi di Palembang.

"Kapal ini tonggak sejarah pelayaran Indonesia," ujarnya

Menurutnya, KRI Dewaruci merupakan simbol kegagahan bangsa Indonesia sebagai negara maritim yang lebih besar wilayah perairannya dibanding daratan, kegagahan tersebut seharusnya diteruskan oleh pemerintah dengan membuat kapal induk. 

"Kapal induk sangat diperlukan sebuah negara besar seperti Indonesia karena fungsinya yang sangat Vital menjaga kedaulatan wilayah NKRI," pungkasnya.

Kontributor : Andhiko Tungga Alam

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/lifestyle/2018/08/16/192405/kri-dewaruci-sang-legenda-ikut-meriahkan-asian-games-palembang

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KRI Dewaruci, Sang Legenda Ikut Meriahkan Asian Games Palembang"

Post a Comment


Powered by Blogger.