Search

Bermotor ke SUGBK, Jokowi Menuai Pujian Pers Asing

Suara.com - Diwarnai aksi stoppie dan burnout, Presiden NKRI Joko Widodo tiba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dengan selamat. Rapi mengenakan jas dan pantalon hitam, serta dasi merah dan kemeja putih. Helm full-face hitam, serta naked bike Yamaha FZ1 milik Paspampres atau Pasukan Pengamanan Presiden.
 
Sungguh, sebuah koreografi yang apik. Tak kalah dengan aksi di film-film laga. Apalagi, Wishnutama, Direktur Kreatif pembukaan Asian Games 2018 mengungkapkan, ide presiden menaiki sepeda motor memasuki SUGBK ini disetujui Joko Widodo atau Jokowi.
 
“Yang namanya show sebesar ini, kami ingin buat kejutan. Itu kuncinya, karena ujung-ujungnya akan bagus,” ungkap Wishnutama.
 
Lebih lanjut, Wishnutama juga menampik bila “aksi laga” Presiden Jokowi mengingatkan pada Olimpiade 2012 London, saat Ratu Elizabeth II dijemput dengan helikopter oleh aktor Daniel Craig yang berperan sebagai James Bond.
 
Memang beda. Benang merah justru terasa saat pesepakbola kenamaan Britania Raya, David Beckham memilih speedboat membelah Sungai Thames demi mencapai venue Olimpiade 2012.

Bagi warga London dan Greater London, wahana transportasi sungai adalah alternatif  jitu bila jaringan komuter, baik DLR (District Light Railway) dan Tube (Underground) serta bus (Overground) berada dalam kondisi peak hours.

Video Jokowi naik sepeda motor ke Stadion GBK Jakarta yang ditampilkan pada awal pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018) malam. [Twitter]
Video Jokowi naik sepeda motor ke Stadion GBK Jakarta yang ditampilkan pada awal pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018) malam [Twitter]

Ingin layanan kapal sungai biasa sampai kelas mewah untuk pariwisata, yaitu London Bateaux Mouches juga tersedia di Sungai Thames. Selain gaya, bisa memangkas waktu tempuh sampai ke lokasi-lokasi wisata di Greater London, seperti kota Richmond dan Hampton Court.
 
Nilai senada itulah, yang semalam (18/08/2018) sanggup “menghanyutkan”  para pemirsa Nusantara dan manca negara di SUGBK maupun penonton di mana pun lewat tayangan streaming video sampai kanal televisi.
 
Bahwa Jakarta adalah “raja macet” di antara negara-negara Asia, memang benar adanya. Namun usah pusing: naik motor pun jadi. Bahkan bila mesti ngebut seperti ditunjukkan Presiden Jokowi, masih bisa diterima. Asal patuh aturan lalu-lintas, antara lain mengenakan helm serta memberikan ruang bagi para penyeberang jalan. Sekaligus tetap awas dan waspada.
 
Inilah pesan untuk warga negara sendiri sekaligus kepada para kontingen tamu, potret sejati lalu-lintas Jakarta adalah ruas-ruas utama yang tak terhindarkan bakal macet di jam-jam sibuk. Akan tetapi, sisi menarik sudah menanti: bermotor keliling Ibu Kota tak kalah mengasyikkan, dibanding terus berada di dalam kendaraan yang mengalami kemacetan.
 
Times of India menyebut opening ceremony termasuk aksi Jokowi bermotor sebagai, “An explosive ceremony. Slick and vibrant!”.  Jelas, suatu hal yang membanggakan, karena artinya aksi Presiden menunggang motor ini sangatlah pecah membahana, rapi dalam hal penggarapan, sekaligus sangat berwarna.
 
Sedangkan media Cina, Xinhua menyatakan, “Presiden memasuki stadion dengan cara yang sungguh spektakuler.”
 
Pendek kata, potret asli lalu-lintas Jakarta terungkap. dan presiden Jokowi mampu mengatasinya untuk tiba di SUGBK di waktu yang tepat. Sebuah media Singapura, mothership.sg yang sangat terpukau dengan aksi Jokowi mempertanyakan, “Apakah anak-anak Pramuka menyeberang jalan itu diarahkan oleh sutradara atau pengarah lapangan?”

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/otomotif/2018/08/19/170000/bermotor-ke-sugbk-jokowi-menuai-pujian-pers-asing

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bermotor ke SUGBK, Jokowi Menuai Pujian Pers Asing"

Post a Comment


Powered by Blogger.