Search

Mau Bugar di Usia 75 Tahun Seperti Ma'ruf Amin? Ini Rahasianya!

Suara.com - Saat deklarasi calon presiden dan wakil presiden, muncul nama  Maruf Amin yang dipilih Jokowi sebagai pasangannya untuk maju di Pilpres 2019. Seperti diketahui, Ma’ruf Amin kini sudah berusia 75 tahun. Namun, jika melihat kinerjanya, ia tampak bugar dan masih aktif sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia.

Lalu, bagaimana cara menjaga badan tetap bugar di atas usia 60 tahun? Melansir dari livescience, ini tipsnya.

Jaga berat badan

Untuk menjaga berat badan agar tetap seimbang, orang yang sudah berusia di atas 60 tahun dianjurkan untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

Berdasarkan laporan dari sebuah lembaga kesehatan Amerika (CDC), jika orang lanjut usia dapat menjaga berat badan, maka itu akan mengurangi risiko diabetes yang kini mempengaruhi sekitar 23,3 juta orang Amerika, serta jenis arthritis tertentu, yang menghambat aktivitas, seperti yang dialami sekitar 19 juta orang Amerika.

"Salah satu mengatur pola makan lebih baik adalah makan buah dan sayuran lebih banyak  setiap hari. Ini adalah satu hal paling sederhana yang dapat dilakukan orang yang berusia lanjut untuk menjaga keseimbangan kesehatan dan kelangsungan hidup," kata Katherine Tallmadge, pakar dan konsultan diet yang terdaftar di Washington, D.C.

Menjaga kelenturan

“Melakukan peregangan otot-otot tubuh setiap hari itu penting,” kata Carmel B. Dyer, direktur Divisi Geriatric and Palliative Medicine di University of Texas Medical School, Houston.

Otot-otot orang yang berusia lanjut cenderung memendek dan kaku ketika mereka tidak aktif, tetapi kegiatan peregangan seperti yoga akan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Lima menit peregangan otot di pagi hari akan sangat membantu kelenturan tubuh di usia senja, dan itu sangat bermanfaat.

 “Yoga dapat meningkatkan fleksibilitas dan dapat membantu meringankan ketidaknyamanan penyakit seperti fibromyalgia dan radang sendi. Yoga mengajarkan pasiennya serangkaian teknik, seperti pernapasan dan meditasi, di samping menggabungkan pose yang meningkatkan kekuatan dan keseimbangan," beber James Carson, seorang psikolog kesehatan klinis dan asisten profesor di OHSU.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2018/08/11/193828/mau-bugar-di-usia-75-tahun-seperti-maruf-amin-ini-rahasianya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mau Bugar di Usia 75 Tahun Seperti Ma'ruf Amin? Ini Rahasianya!"

Post a Comment


Powered by Blogger.