Search

Nyeri Puting Payudara? ini 5 Penyebab yang Mungkin Terjadi

Suara.com - Puting adalah area super sensitif, karenanya jika bagian ini terasa nyeri atau sakit, Anda pasti akan merasakan ketidaknyamanan. Nah, di balik rasa nyeri puting, mungkin kita juga kerap bertanya-tanya apakah ini sesuatu yang perlu dikhawatirkan?

Pertama, jangan panik terlalu panik, karena ada alasan normal yang menyebabkan nyeri puting, yakni perubahan gaya hidup dan kesehatan, atau bisa juga karena bra yang tidak pas.

Di sisi lain, nyeri pada puting mungkin datang dengan gejala yang lebih mengkhawatirkan (seperti benjolan, perubahan warna atau tekstur kulit di payudara Anda) yang jelas merupakan tanda saatnya Anda untuk menemui dokter.

Nah, berikut adalah beberapa yang mungkin penyebab dari nyeri puting yang Anda rasakan.

Anda memiliki infeksi di puting Anda

Ya, puting Anda bisa terinfeksi karena memiliki area berpori besar dan folikel rambut yang dapat tersumbat dan membuatnya infeksi seperti di daerah ketiak atau kemaluan Anda, kata Jenna Sassie, MD, seorang dokter kandungan-ginekolog di Women's Healthcare Associates di Houston.

Salah satu jenis infeksi yang mungkin, percaya atau tidak, adalah infeksi jamur pada puting Anda. Ini biasanya terjadi di bawah payudara di mana keringat terkumpul, kata Sassie, tetapi karena jamur tumbuh subur di lingkungan yang lembab dan gelap, wanita yang tidak mengganti bra atau menggunakan bra yang terbuat dari bahan yang tidak tepat, membuat payudara dulit bernapas dan mungkin juga rentan terhadap infeksi jamur pada putingnya.

Olahraga berlebihan

Jika Anda berolahraga secara teratur atau twrlalu keras berlatih untuk olahraga ketahanan seperti maraton, mengalami lecet atau iritasi di puting, karena pakaian seperti bra olahraga yang tidak tepat adalah hal yang biasa.

Karena itu, seorang dokter kandungan di Westchester, New York, Alyssa Dweck, M.D., menyarankan Anda untuk memakai bra olahraga yang bagus dan berkualitas baik dan menggunakan krim anti-radang seperti Body Glideto untuk mencegah iritasi.

Tetapi tidak hanya seorang pelari yang mengalami hal tersebut, karena ini bisa juga terjadi karena pakaian sehari-hari Anda.

"Saya juga memiliki pasien yang memakai bra renda yang tidak pas dan berakhir dengan ruam atau iritasi karena menggosok puting sepanjang hari,” kata Sassie.


Perubahan hormonal

Hal pertama yang mungkin langsung terlintas di pikiran pertama kali saat Anda mengalami nyeri pada puting atau payudara adalah, apakah Anda sedang hamil atau tidak.

"Nyeri puting kadang-kadang merupakan tanda pertama yang terbaca," kata Sassie.

Menyusui

Mengalami rasa sakit saat menyusui adalah hal yang normal, seperti pompa ASI yang tidak cocok, atau saluran susu tersumbat, puting yang kering. oleskan krim puting yang dapat membantu ibu untuk mengatasi kasus-kasus tersebut.

Tetapi kadang, rasa sakit saat menyusui juga bukanlah alasan yang normal, seperti dengan mastitis (peradangan jaringan payudara). Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, gejala mastitis ialah payudara lembek atau kehangatan saat disentuh, pembengkakan payudara, penebalan jaringan payudara atau benjolan di payudara; rasa sakit atau sensasi terbakar saat menyusui atau selama kegiatan sehari-hari dan kulit kemerahan.

Reaksi alergi

Jika Anda mengalami gatal atau iritasi setelah menggunakan pewangi baru, sabun, atau lotion, atau bahkan deterjen atau pelembut pakaian, nyeri puting yang Anda rasakan mungkin merupakan hasil dari reaksi alergi.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2018/08/17/211500/nyeri-puting-payudara-ini-5-penyebab-yang-mungkin-terjadi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nyeri Puting Payudara? ini 5 Penyebab yang Mungkin Terjadi"

Post a Comment


Powered by Blogger.