Search

Sajian Makanan Idul Adha Berbagai Negara yang Menggugah Selera

Suara.com - Hari ini seluruh umat muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha. Hari besar yang identik dengan pemotongan hewan kurban ini pun juga diramaikan dengan sajian khas seperti opor dan rendang di Indonesia. 

Setiap negara tentunya memiliki tradisi yang kuliner yang berbeda-beda.

Nah penasaran dengan kuliner khas yang disajikan di beberapa negara lainnya saat Idul Adha? Yuk simak ulasan berikut seperti dilansir dari laman Independent.co.uk dan foto-foto dilansir dari google.

Maqluba

Di Timur Tengah, sajian Idul Adha yang sangat populer adalah Maqluba.

Menu ini terdiri dari sayuran, daging ayam, kalkun atau domba dan nasi berbumbu yang dicampur dalam satu panci besar yang kemudian dibalik membentuk cetakan panci. Di Indonesia, menu ini lebih mirip seperti nasi kebuli. 

Maqluba, Makanan khas Timur Tengah
Maqluba, Makanan khas Timur Tengah

Mansaf

Mansaf, makanan khas Yordania
Mansaf, makanan khas Yordania

Jika Anda bertandang ke Yordania saat perayaan Hari Raya seperti Idul Adha maka Anda harus mencicipi Mansaf yang merupakan sajian khas di daerah tersebut. Mansaf sendiri terdiri dari domba atau ayam yang difermentasi kemudian direbus perlahan dengan saus yogurt. Biasanya mansaf disajikan di atas baki besar dan dibagi dalam piring-piring kecil.

Bolani

Bolani, makanan khas Afghanistan
Bolani, makanan khas Afghanistan

Di Afghanistan, Bolani adalah makanan populer selama perayaan Hari Raya. Menu ini terdiri dari roti yang diisi dengan berbagai lauk mulai dari kentang sampai lada hijau, dan biasanya dipanggang atau digoreng untuk membuat kerak tipis, sebelum disajikan dengan yoghurt. 

Ma'moul

Ma'moel, makanan khas Timur Tengah
Ma'moel, makanan khas Timur Tengah

Jika di Indonesia hari raya Idul Fitri identik dengan sajian kue kering, maka di negara Timur Tengah camilan ini juga hadir saat Idul Adha. Maamoul contohnya. Ini merujuk pada kue manis yang terbuat dari tepung terigu, tepung semolina sejenis padi-padian. Sebagai isiannya semolina terdiri dari walnut, gula, kayu manis, minyak sayur. 

Tufahija

Tufahija, makanan khas Bosnia
Tufahija, makanan khas Bosnia

Di Bosnia, sajian Idul Adha yang khas adalah tufahija. Sajian ini berupa puding yang terbuat dari apel yang direbus dalam air gula. Biasanya agar terlihat lebih menarik, tafuhija diisi dengan kacang, walnut atau almond dan atasnya dengan krim kocok atau creme fraiche. Lebih nikmat jika disantap dengan ditemani secangkir kopi.

Aneka sajian makanan di Hari Raya Idul Adha dari berbagai negara ini cukup menggugah selera, mana favorit olahan daging kurban Anda?

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/lifestyle/2018/08/22/130444/sajian-makanan-idul-adha-berbagai-negara-yang-menggugah-selera

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sajian Makanan Idul Adha Berbagai Negara yang Menggugah Selera"

Post a Comment


Powered by Blogger.